Gunung Semeru Erupsi, Warga Sebut Kondisi Gelap Disertai Hujan Abu

Minggu, 04 Desember 2022 - 12:47 WIB
loading...
Gunung Semeru Erupsi, Warga Sebut Kondisi Gelap Disertai Hujan Abu
Kepala Desa (Kades) Supiturang Pronojiwo Nurul Yakin mengakui, bila ada peningkatan aktivitas sejak Minggu dini hari. (Ist)
A A A
LUMAJANG - Warga sekitar Gunung Semeru panik saat mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Beberapa warga dilaporkan berlarian menyelamatkan diri ke tempat yang aman.

Sejumlah video memperlihatkan bagaimana pada Minggu pagi (4/12/2022) warga di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Warga tampak panik dan menyelamatkan diri dengan mengendarai kendaraan mulai sepeda motor, mobil, hingga truk.

Kepala Desa (Kades) Supiturang Pronojiwo Nurul Yakin mengakui, bila ada peningkatan aktivitas sejak Minggu dini hari. Bahkan pada Minggu pagi sekitar jam 5 awan panas Gunung Semeru terlihat jelas hingga membumbung tinggi ke udara.

"Saat ini nggak kelihatan, gelap semuanya. Hujan abu juga, ini sangat terasa sampai sekarang masih," kata Nurul.

Akibat hujan abu dan luncuran awan panas ini kondisi di sekitar Desa Supiturang gelap, yang membuat jarak pandang cukup terganggu. "Jarak pandang nggak kelihatan, jadi gelap," ujarnya.

Baca: Erupsi Semeru, Ribuan Warga Lumajang Mulai Mengungsi.

Saat ini warganya telah mengungsi di beberapa titik di lokasi seperti SMPN 2 Pronojiwo, SDN Supiturang IV, beberapa masjid di Supiturang, dan ada warga yang mengungsi ke rumah sanak keluarganya.

"Jam 7 ngungsi. Sudah disampaikan ke warga untuk mencari tempat lebih aman mengungsi. Ada yang di SMP 2, SD Supiturang, masjid Supiturang, sebagian warga masih banyak di rumah saudara - saudaranya," tandasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1454 seconds (10.177#12.26)