Digerus Banjir, Jembatan Penghubung Jatim-Jateng Terancam Longsor

Sabtu, 03 Desember 2022 - 23:08 WIB
loading...
Digerus Banjir, Jembatan Penghubung Jatim-Jateng Terancam Longsor
Jembatan di Jalan MT Haryono Kelurahan Jetak, Kecamatan Kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, longsor akibat banjir. Foto/iNews TV/Dedi Mahdi
A A A
BOJONEGORO - Banjir yang sering terjadi, menggerus tebing jembatan di Jalan MT Haryono Kelurahan Jetak, Kecamatan Kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jatim. Akibatnya, jalan nasional penghubung wilayah Jatim, dengan Jateng tersebut, terancam longsor.

Baca juga: Ada Pergerakan Tanah di Borobudur, Rekahan Muncul Usai Hujan

Rekahan tanah, dan penurunan tebing jembatan, terlihat jelas di sisi jembatan sejak Sabtu (3/12/2022). Sebuah tanda dipasang, untuk menghindari pengendara agar lebih berhati-hati melintas di tebing yang rawan longsor.



Pemasangan tanda rawan longsor dari tali dan bambu tersebut, disebut salah seorang warga, Suwito, atas inisiatif warga. "Sebelumnya ada pengendara yang jatuh terperosok, karena tidak mengetahui kalau kondisi tanahnya sudah turun," tuturnya.

Baca juga: Sabtu Pon Garut Diguncang Gempa, Ada Pertanda Ini Menurut Primbon Jawa

Diduga bagian bawah tebing jembatan sudah mengalami abrasi, akibat tergerus banjir yang sering terjadi di Sungai Grogolan yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo. Kondisi ini mengakibatkan jembatan rawan longsor.

Baca juga: Wow! Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Gudono Dikawal Pasukan Berkekuatan 2 Batalyon

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro, Andik Sujarwo mengaku sudah menyampaikan kejadian longsor tersebut ke Balai Jalan Nasional Wilayah Bojonegoro. "Petugas Balai Jalan nasional, mengaku akan ke lokasi untuk memasang rambu atau penanda longsor, sebelum dilakukan penanganan darurat," tegasnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3755 seconds (11.210#12.26)