Relawan Pendukung Ganjar Bangun MCK untuk Penyintas Gempa Cianjur

Sabtu, 03 Desember 2022 - 19:34 WIB
loading...
Relawan Pendukung Ganjar Bangun MCK untuk Penyintas Gempa Cianjur
Relawan Ganjar bangun MCK untuk penyintas gempa Cianjur. Foto: Istimewa
A A A
CIANJUR - Tim Relawan Sayap Kencana Ganjar (#SayaKejar) kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk penyintas Gempa Cianjur. Terbaru, para relawan pendukung Ganjar ini telah berhasil mendirikan tiga unit fasilitas mandi cuci kakus (MCK) umum selama sepekan terakhir.

Koordinator Bagian Logistik #SayaKejar, Sigit Priatna Putra mengatakan, pembangunan MCK ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sanitasi dan air bersih yang diderita para pengungsi.

Masalah ini merupakan salah satu item yang ada dalam pemetaan kebutuhan pengungsi yang disusun tim relawan #SayaKejar.

Baca juga: Relawan Ganjar Klaim Gerakannya Organik, Bukan Settingan

"Pembangunan jamban umum itu dilakukan dengan cara bergotong royong.Ini dimaksudkan supaya semangat kebersamaan tetap terjaga di antara warga, agar tetap terjaga kebersamaan dan rasa memiliki terhadap fasilitas yang dibangun,” ujar Sigit, Sabtu (3/12/2022).

Sigit menjelaskan, pembangunan MCK ini mendapat apresiasi dari para pengungsi. Banyak para pengungsi yang sangat membutuhkan fasilitas MCK ini, karena kamar mandi rumah mereka yang telah hancur saat gempa 5,6 magnitudo.

Salah satu MCK buatan #SayaKejar dibangun di Kampung Cibeureum Kaler, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Sigit menjelaskan, daerah tersebut dipilih karena merupakan wilayah yang terdampak gempa cukup parah.

Baca juga: Relawan Ganjar Dukung Deklarasi Capres dan Koalisi Sejak Awal

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa para relawan #SayaKejar telah datang ke Cianjur tak lama setelah berita perihal gempa disiarkan media. Berbagai bantuan telah diberikan para relawan. Sigit menyerbut, sudah sepatutnya tim relawan selalu dalam keadaan siaga sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai kemungkinan.

"Bagi kami ini adalah misi kemanusiaan. Para korban harus dibantu secepat mungkin. Maka sejumlah logistik yang dibutuhkan wara pun kami bawa,” ujarnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2869 seconds (10.55#12.26)