Ribuan Warga Ikuti Prosesi Bakar Batu HUT Ke-26 Puncak Jaya, Wujudkan Perdamaian

Sabtu, 03 Desember 2022 - 16:11 WIB
loading...
Ribuan Warga Ikuti Prosesi Bakar Batu HUT Ke-26 Puncak Jaya, Wujudkan Perdamaian
Ribuan warga mengikuti prosesi tradisi bakar batu memperingati HUT Ke-26 Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Bakar batu digelar di Lapangan Amanah, Pagaleme. Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
PUNCAK JAYA - Ribuan warga mengikuti prosesi tradisi bakar batu memperingati HUT Ke-26 Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Bakar batu digelar di Lapangan Amanah, Distrik Pagaleme, Sabtu (3/12/2022).

Ribuan Warga Ikuti Prosesi Bakar Batu HUT Ke-26 Puncak Jaya, Wujudkan Perdamaian


Acara bakar batu ini juga sekaligus untuk melepas Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda yang masa jabatannya akab berakhir pada 7 Desember 2022 mendatang.


Di sela prosesi bakar batu, bupati mengucapkan rasa terima kasih kepada warga yang membantunya menciptakan kedamaian di Puncak Jaya.

"Terimakasih selama saya menjabat Kabupaten Puncak Jaya sudah aman terkendali. Saya titipkan Puncak Jaya agar selalu damai," kata Yuni Wonda.

Bakar batu ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaaan Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah Kabupaten Puncak Jaya. Kegiatan sendiri berlangsung aman dan kondusif.

Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk yang menghadiri acara menyatakan, bakar batu ini mencerminkan etalase perdamaian di Tanah Papua. Hal tersebut tercermin dari sinergitas masyarakat asli dengan pendatang.



Dua menegaskan bahwa kondusivitas wilayah yang terbangun di Kabupaten Puncak Jaya patut diapresiasi dengan segala tantangan dan dinamika yang ada.

"Puncak Jaya sudah menjadi barometer dalam pembangunan di Papua. Dengan dinamika politik, pembangunan, sosial yang terjadi, keterbatasan sumber daya dan segala tantangan yang ada, Puncak Jaya masih terus berdiri kokoh," kata Ribka Haluk.

Diharapkan seluruh wilayah Papua dapat menciptakan kedamaian bagi seluruh masyarakatnya.

"Kami baru dua bulan setelah diberikan kepercayaan menjadi Penjabat Gubernur provinsi Papua tengah maka kami belum bisa menyampaikan secara rinci program kerja kami" ungkapnya.

Ribka Haluk menyebut bahwa pemekaran provinsi di Papua ini khususnya Papua Tengah yang terdiri dari 8 Kabupaten merupakan tanda bahwa pemerintah Papua sudah dewasa.

"Di dalam dinamika pemerintahan Papua hari ini, yang sudah menjadi beberapa provinsi, khususnya kami di Provinsi Papua Tengah yang terdiri dari delapan Kabupaten merupakan cerminan bahwa pemerintah Papua sudah dewasa" pungkasnya.

Tradisi bakar batu ini juga dihadiri anggota Komisi II DPR RI Dapil Papua, Komarudin Watubun; Bupati Paniai Meki Nawipa, Bupati Nabire Mesak Magai dan Bupati Puncak Willem Wandik.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)