3 Tokoh Muda Ini Tempati Urutan Tertinggi sebagai Calon Wagub Jawa Timur

Rabu, 30 November 2022 - 11:00 WIB
loading...
3 Tokoh Muda Ini Tempati Urutan Tertinggi sebagai Calon Wagub Jawa Timur
Hasil survei periodik Lembaga Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) mengungkap tiga tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil gubernur Jatim
A A A
SURABAYA - Survei periodik Lembaga Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) mengungkap tiga tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) pada Pilkada 2024.

Mereka adalah Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak dengan 18,1 persen, Walikota Surabaya Eri Cahyadi dengan elektabilitas 8,5 persen dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi dengan elektabilitas 6,8 persen.

"Tiga besar nama ini masing-masing memiliki faktor x," kata Direktur ARCI Baihaqi Siraidj, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Temu Bisnis Gubernur Jatim dengan Pengusaha Jeddah Hasilkan Kontrak Ekspor Rp16,4 Miliar

Menurut Baihaqi, Emil Dardak sangat diuntungkan dengan posisinya sebagai wakil gubernur, sementara Eri Cahyadi dan Achmad Fauzi banyak ditopang oleh kinerja mereka sebagai kepala daerah.

"Tren elektabilitas tiga nama ini terus mengalami kenaikan dibanding periode sebelumnya," urainya.

ARCI juga melakukan sejumlah simulasi pasangan cagub-cawagub, hasilnya duet Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi paling diminati oleh responden pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024 mendatang.

Duet Khofifah-Fauzi menempati urutan pertama dengan 41,3 persen. Kemudian ada pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas dengan elektabilitas 15,7 persen dan Emil Elestianto Dardak-Eri Cahyadi dengan 19,5 persen. "Simulasi ini bisa menggambarkan peran tokoh muda di kancah politik," jelasnya.

Baihaqi menjelaskan, Khofifah-Achmad Fauzi memang punya modal yang cukup untuk memimpin Jatim. Sederet prestasi yang dicapai di wilayah yang dipimpinnya, membuat responden mengapresiasi dan menginginkan pasangan itu sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Jatim 2024 mendatang.

"Khofifah punya basis massa yang kuat di kalangan nahdliyin tentu ini modal yang sangat penting. Disamping itu, bupati Fauzi cukup berhasil memimpin kabupaten Sumenep. Terbukti dari sejumlah prestasi yang ditorehkan, utamanya di sektor wisata, ini yang menjadi catatan," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)