Wujudkan Sanitasi Dasar yang Layak, Pemkab Bandung Kolaborasi dengan Semua Stakeholder

Selasa, 29 November 2022 - 21:19 WIB
loading...
Wujudkan Sanitasi Dasar yang Layak, Pemkab Bandung Kolaborasi dengan Semua Stakeholder
Pemkab Bandung berkolaborasi dengan Guardian dan Save the Children Indonesia membangun fasilitas akses air bersih di Desa Ciapus, Bandung, Jawa Barat. Foto ist
A A A
BANDUNG - Pemkab Bandung berkolaborasi dengan Guardian, ritel modern kesehatan dan kecantikan terkemuka dari PT Hero Supermarket Tbk dan Save the Children Indonesia membangun fasilitas akses air bersih di Desa Ciapus, Bandung, Jawa Barat.



Pembangunan fasilitas air bersih yang diinisiasi oleh Guardian ini merupakan bagian dari kampanye global “Keeping Kids Clean & Healthy'. Tujuannya, memberikan akses air bersih ke daerah-daerah yang memiliki keterbatasan fasilitas sanitasi. Baca juga: 4 Minimarket Bandel Langgar Jam Operasional Diperingatkan Satpol PP Cihampelas

Peresmian pembangunan akses air bersih yang dilakukan pada 29 November 2022 di dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan KesehatanMasyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Sumiarso, Director of Guardian Indonesia Naresh Kalani, dan Direktur Advocacy Communication Campaign Media & Marketing Communications Save the Children Indonesia Troy Pantouw.

Sumiarso mengatakan, untuk menggambarkan keadaan kesehatan suatu lingkungan, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memiliki akses air bersih dan sarana sanitasi dasar. Baca juga: Srikandi Jogja Bangun Sumur Bor Solusi Persoalan Air di Gunungkidul

Kabupaten Bandung, lanjut Sumiarso, mendukung program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan, berupa penerapan program strategis untuk mendapatkan sanitasi dasar yang layak di Bandung.

Program tersebut fokus pada 5 pilar yaitu stop buang air besar sembarangan (SBS); cuci tangan pakai sabun (CTPS); pengelolaan makanan dan minuman rumah tangga (PAM-RT); pengamanan sampah rumah tangga (PS-RT); serta pengamanan limbah cair rumah tangga (PLC-RT).

Dalam pelaksanaannya tentu membutuhkan fasilitas air bersih agar kegiatan sanitasi dasar masyarakat berjalan dengan baik.

"Untuk itu, kami membuka kemitraan strategis dengan swasta, dalam hal ini Guardian. Dukungan, komitmen, kolaborasi, dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah, akademisi, komunitas dan swasta diperlukan untuk mewujudkan sanitasi dasar yang layak untuk semua lapisan masyarakat di Bandung,” lanjut Sumiarso.

Director of Guardian Indonesia, Naresh Kalani mengatakan, pihaknya memahami bahwa ketersediaan air bersih berperan penting bagi manusia. Di Indonesia, lanjut dia, kampanye “Keeping Kids Clean & Healthy” diimplementasikan dengan menyediakan fasilitas air bersih di Desa Ciapus, Bandung.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1621 seconds (10.101#12.26)