Srikandi Jogja Bangun Sumur Bor Solusi Persoalan Air di Gunungkidul

Senin, 28 November 2022 - 12:59 WIB
loading...
Srikandi Jogja Bangun Sumur Bor Solusi Persoalan Air di Gunungkidul
Srikandi Ganjar DIY membangun sumur bor di Padukuhan Blembeman 1 dan 2, Kelurahan Natah, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, DIY, Senin (28/11/2022). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GUNUNGKIDUL - Srikandi Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membangun sumur bor di Padukuhan Blembeman 1 dan 2, Kelurahan Natah, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul. Bantuan sosial sumur bor ini merupakan perhatian relawan Ganjar Pranowo terhadap problem air di Gunungkidul.

Koordinator Wilayah (Korwil) Srikandi Ganjar DIY Herrawati mengungkapkan, sejauh ini sudah ada dua titik yang terbangun instalasi air. "Gerakan sosial muncul sebagai respons atas harapan masyarakat yang tinggal di zona rawan kekurangan air. Harapannya, ketersediaan air yang cukup mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat," kata Herra di lokasi, Senin (28/11/2022). Baca juga: Kekeringan, Warga Sikka Cari Air Bersih dengan Berjalan Kaki 3 Km Setiap Hari

Herra mengatakan, aksi ini terinspirasi sosok Ganjar Pranowo yang memiliki jiwa sosial tinggi. Herra berharap, ketersediaan sumur bor di daerah yang kekurangan air dapat membantu masyarakat setempat.

"Kegiatan ini terinspirasi dari Ganjar Pranowo. Ganjar merupakan pribadi yang dikenal memiliki jiwa sosial, kedermawanan tinggi, dan diharapkan dapat menginspirasi banyak orang. Kami berharap Pak Ganjar Presiden 2024 mendatang," lanjutnya.

Kepala Dukuh Blembeman 2, Heryanto mengucapkan terima kasih kepada Srikandi Ganjar DIY yang telah memberikan bantuan sumur bor. Heryanto mengatakan, kekurangan air menjadi persoalan besar di wilayahnya.

"Selama ini kami mendompleng padukuhan sebelah, yang satu sumur dipakai 350 KK (kepala keluarga). Sehingga setiap hari tidak mampu mencukupi kebutuhan air warga kami 1x24 jam," kata Heryanto. Baca juga: Heroik! Guru di Gunungkidul Selamatkan Siswa saat Atap SD Muhammadiyah Ambruk

Bantuan sumur bor ini tentu menjadi penolong sehingga mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat. Untuk pengelolaannya, kata dia, akan digabung dengan sistem penyediaan air minum dusun atau spamdus. "Kami berharap Pak Ganjar (Ganjar Pranowo) kedepan bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik dan maju," tuturnya.
(poe)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4209 seconds (11.252#12.26)