12,5 Hektare Lahan Konservasi Orangutan di Kaltim Direhabilitasi dengan Menanam 5.000 Pohon

Senin, 28 November 2022 - 22:46 WIB
loading...
12,5 Hektare Lahan Konservasi Orangutan di Kaltim Direhabilitasi dengan Menanam 5.000 Pohon
PPATK berkolaborasi dengan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan Borneo Orangutan Survival Foundation melakukan aksi penanaman pohon di lahan konservasi orangutan seluas 12, 5 hektare di Kaltim. Foto ist
A A A
BALIKPAPAN - PPATK berkolaborasi dengan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) melakukan aksi penanaman pohon di lahan konservasi orangutan seluas 12, 5 hektare di Kalimantan Timur (Kaltim). berkolaborasi dengan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) melakukan aksi penanaman pohon di lahan konservasi orangutan seluas 12, 5 hektare di Kalimantan Timur (Kaltim). Sebanyak 5.000 pohon ditanam di kawasan rehabilitasi Samboja Lestari Kaltim.



Direktur BCA Lianawaty Suwono mengatakan, rehabilitasi lahan konservasi orangutan di Samboja Lestari di Kaltim merupakan salah satu rangkaian dari empat langkah inti dalam mendukung program #Orangutan Freedom. Keempat program itu meliputi program reintroduksi orangutan, pelepasliaran orangutan, perawatan cagar alam jangka panjang dan pendidikan lingkungan. Baca juga: PPATK Pantau Transaksi Keuangan dari Berbagai Negara ke Bali Jelang KTT G20

"Kegiatan rehabilitasi ini dibuka dengan seremonial penanaman pohon di Samboja Lestari, Kalimantan Timur pada Sabtu (26/11/2022). Kami senantiasa menciptakan berbagai upaya dan aksi nyata untuk melestarikan lingkungan hidup terlebih di Pulau Kalimantan," kata Lianawaty, Senin (28/11/2022).

Acara seremonial dihadiri antara lain Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono, Direktur BCA Lianawaty Suwono, Kepala BCA Kantor Wilayah XI Juniarta, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltimantan Timur Joko Istanto, Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karo Rena) Polda Kaltim Kombes Pol Bambang Syafrianto, CEO Borneo Orangutan Survival (BOS) Jamartin Sihite dan Regional Manager East Kalimantan Yayasan BOS Priadjati Aldrianto.

“Rangkaian kegiatan ini pun merupakan salah satu bentuk komitmen kami yang terus digaungkan. Ada pun kegiatan ini selaras dengan kampanye kami #BCAForSustainability, yakni mendorong peningkatan kesejahteraan sosial dan lingkungan dalam masyarakat untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” tambah Lianawaty.

Pada kesempatan yang sama, Antonius Widodo Mulyono mengatakan, dukungan BCA tersalurkan melalui pembiayaan cagar alam pulau hutan untuk ratusan orangutan dan beruang madu yang diselamatkan di kawasan rehabilitasi Samboja Lestari, Kalimantan Timur. Baca juga: Patung Besar Orangutan sebagai Ikon Diwacanakan Bakal Dibangum di Dalam Kota Pangkalan Bun

"Total pohon yang akan ditanam mencapai 5.000 pohon di area yang memiliki topografi seluas 12,5 ha dengan beragam jenis tanaman buah, tanaman kayu dan tanaman border. Penanaman ini melibatkan lima kelompok tani dengan anggota yang terdiri dari dua hingga tiga petani dalam tiap kelompok,” ujarnya.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana menegaskan, penanaman pohon merupakan momentum untuk menggelorakan semangat kolaborasi penanganan kejahatan lingkungan atau green financial crimes yang merugikan dunia termasuk Indonesia.

Dia menyampaikan, aktivitas pencucian uang dari kejahatan lingkungan yang bernilai sangat besar telah menjadi perhatian pemerintah Indonesia dan dunia internasional. Peran PPATK bersama industri keuangan, lanjut dia, untuk memastikan bahwa integritas sistem keuangan Indonesia tidak dikotori oleh aliran uang hasil tindak pidana yang berasal dari lingkungan hidup.

“Ke depan, berbagai upaya pelestarian lingkungan seperti penanaman pohon ini perlu terus ditingkatkan guna menciptakan ekosistem yang lebih subur di kemudian hari dan juga berpotensi mempercantik kawasan cagar alam,” pungkasnya.

Diketahui, kerja sama BCA-BOSF telah terjalin sejak tahun 2012. Kerja sama ini fokus melakukan upaya penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran orangutan dan penanaman pohon di lahan kritis area konservasi orangutan.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1985 seconds (11.210#12.26)