INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur

Jum'at, 25 November 2022 - 15:21 WIB
loading...
INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur
Lembaga Kemanusian International Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan bantuan logistik darurat untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). (Ist)
A A A
CIANJUR - Lembaga Kemanusian International Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan bantuan logistik darurat untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Bantuan itu disalurkan melalui posko bersama di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet.

Koordinator Nasional Sahabat Relawan INH (Kornas Share) Rendhy Apriandi mengatakan, bantuan darurat merupakan assessmentpertama pasca gempa yang menelan banyak korban jiwa tersebut.

"Ini merupakan assessment awal untuk membantu meringankan korban yang terdampak bencana gempa bumi dengan memberikan bantuan kebutuhan mendesak untuk warga seperti makanan, susu kebutuhan balita seperti pempers dan obat-obatan," kata Rendhy.

INH kata Rendhy, sudah melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan lanjutan kepada mereka yang terdampak, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, lembaganya bisa kembali menyalurkan bantuan lainnya.

"Untuk saat ini kebutuhan yang masih belum terpenuhi seperti terpal untuk tenda pengungsi. Karena kami melihat banyak pengungsi yang berteduh didalam tenda-tenda yang terbuat dari bahan seadanya," kenangnya.

Rencananya, selain memberikan bantuan logistik daruruat, INH juga akan melakukan bantuan untuk anak-anak yang mengalami trauma dengan mendatangkan sikolog untuk memberikan pelayanan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak bencana.

"Kami juga akan melakukan inventaris masjid dan lembaga-lembaga pendidikan seperti majelis taklim yang mengalami kerusakan untuk dilakukan renovasi dan bantuan berupa al quran dari program wakaf Quran yang selama ini sudah menjadi program jangka panjang lembaga kami," jelasnya.

Ketua Dewan Pengawas INH Sahlan Damiri yang ikut dalam rombongan pengiriman bantuan memberikan motivasi kepada para korban agar tetap bersabar dan tentunya selalu khusnudzon kepada sang pencipta. Ia menyakini bencana ini bagian dari ujian dari Allah subhanahu wa ta'ala untuk meningkatkan derajat manusia.

"Semoga para keluarga korban baik yang meninggal maupun yang selamat selalu diberi ketabahan, yakin lah Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memberikan ujian yang melebihi dari batas kemampuan manusia," ucapnya.

Sahlan berpesan, kepada para pengungsi agar tidak terburu-buru kembali ke rumah mengingat masih banyak gempa susulan disekitaran Cianjur. Menurutnya, keselamatan jiwa di atas segalanya daripada mempertahankan harta benda yang sifatnya hanya sementara.

Sementara itu, Presiden Direktur INH, Lukmanul Hakim menginstruksikan kepada seluruh relawan yang tergabung di Sahabat Relawan INH (Share INH) untuk bahu membahu membantu para korban bencana gempa di Cianjur. Peran relawan dinilai sangat dibutuhkan dalam situasi bencana seperti ini.

"INH memiliki sayap kerelawanan yang berada dalam wadah Share INH, kami sudah menginstruksikan seluruh relawan agak ikut bersama-sama berbuat atas musibah yang dilanda saudara-saudara kita di Cianjur," jelasnya.

Baca: 7 Korban Gempa Cianjur Ditemukan Meninggal, Identitas Belum Teridentifikasi.

Lukman mengatakan, bahwa setiap terjadinya bencana di tanah air INH bersama relawan selalu hadir dan ikut serta memberikan bantuan. Hal ini merupakan wujud nyata dari INH dalam menyampaikan pesan tentang kemanusian diatas segalanya.

Hingga saat ini, data korban meninggal dunia gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bertambah menjadi 272 orang pada Kamis 24 November 2022, per pukul 17.00 WIB.

“Hari ini ditemukan satu jenazah atas nama Ibu Nining umur 64 tahun,” kata Kepala BNPB Suharyanto di Posko Tanggap Darurat, Kantor Bupati Cianjur.

Dengan demikian, jumlah korban yang masih hilang 39 orang. Dari seluruh korban meninggal, lanjut Suharyanto, sebanyak 162 orang telah teridentifikasi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)