alexametrics

Sistem Administrasi Desa di Kecamatan Bulango Selatan Kini Berbasis Aplikasi

loading...
Sistem Administrasi Desa di Kecamatan Bulango Selatan Kini Berbasis Aplikasi
Pelaksanaan Bimtek aplikasi TIKADES dan SIAK, di ruang Pertemuan Desa Ayula Selatan, Selasa (7/7/2020). (foto/dok.istimewa)
A+ A-
BONEBOL - Pemerintah Kecamatan dan Desa di Kecamatan Bulango Selatan kini menghadirkan sistem administrasi desa dan kecamatan berbasis aplikasi, yakni Teknologi Informasi Komunikasi dan Informasi Desa (TIKADES) dan Sistem Informasi Administrasi Kecamatan (SIAK).

Camat Bulango Selatan Sukriyanto Katili mengatakan, aplikasi TIKADES dan SIAK ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang kita gagas bersama melalui ide dan gagasan dari pemerintah desa yang kita satu padukan bagaimana menjadikan sebuah teknologi yang sudah memasuki pada revolusi industri 4.0 ini yang semuanya serba canggih dan serba teknologi.

“Alhamdulillah teman-teman dari aparat desa bersama kami pemerintah kecamatan menyatukan ide dan gagasan bagaimana administrasi ini sudah terbentuk dalam data dan sudah dalam bentuk aplikasi,”kata Sukriyanto Katili, saat membuka bimbingan teknis aplikasi TIKADES dan SIAK, di ruang Pertemuan Desa Ayula Selatan, Selasa (7/7/2020).

Sukriyanto mengungkapkan, Alhamdulillah dari teman-teman grup multimedia ini sudah membantu kepada kita pemerintah desa dan pemerintah kecamatan untuk menyiapkan aplikasi yang kita beri nama TIKADES Atau Teknologi Informasi Komunikasi Administarasi Desa.



“Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk terobosan dan belum ada kecamatan lain yang melaksanakan program yang seperti ini di Pemerintahan Kecamatan Bulango Selatan,”tambahnya.

Hal ini, lanjut Sukriyanto, tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kita khususnya teman-teman dari desa dan kecamatan. Bahkan sudah beberapa kecamatan yang sudah melakukan studi tiru dari kita tentang administrasi yang ada di Pemerintah Kecamatan Bulango Selatan.



Contoh dari Kecamatan Botupingge sudah datang ke Kantor Camat menanyakan informasi administrasi pemerintah kecamatan. Mereka ternyata kaget juga dengan administrasi kita. Bahkan Kecamatan Bulango Ulu, Suwawa, Suwawa Tengah, dan Tilongkabila juga akan melakukan kunjungan studi tiru di Kecamatan Bulango Selatan khusus untuk administrasi.

“Jadi ini merupakan salah satu kebanggan buat kita dan Insya Allah kita akan melakukan pemantapan dari sisi administrasi dan data yang diperlukan. Kalau data kita lengkap ini bisa kita tampilkan. Ini sebuah kebijakan baru demi membangun Kecamatan Bulango Selatan dan membangun 10 desa yang ada di Kecamatan Bulango Selatan ini,”pungkasnya.
(srf)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak