Resmi Dianggarkan di APBD 2023, Ketua Dewan: Pedagang Pasar Weleri Bisa Kembali Berjualan di Pasar yang Baru Tahun Depan

Kamis, 24 November 2022 - 20:34 WIB
loading...
Resmi Dianggarkan di APBD 2023, Ketua Dewan: Pedagang Pasar Weleri Bisa Kembali Berjualan di Pasar yang Baru Tahun Depan
Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto berjabat tangan saat rapat paripurna persetujuan bersama APBD Kendal 2023.
A A A
KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal akan membangun kembali Pasar Weleri tahun depan. Kepastian ini terungkap setelah legislatif dan eksekutif sepakat untuk mengalokasikan anggaran pembangunan pasar yang terbakar dua tahun silam itu, dalam APBD Kabupaten Kendal tahun anggaran 2023.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, pembangunan Pasar Weleri pada APBD 2023 dianggarkan sebesar Rp 55 miliar. Pihaknya meminta pihak eksekutif segera melaksanakan pembangunannya, supaya di tahun 2023, semua pedagang bisa kembali berjualan di pasar yang baru nanti.

"Pembangunan Pasar Weleri Alhamdulillah bisa teranggarkan sekitar Rp 55 miliar. Saya terima kasih sekali kepada teman-teman DPRD sangat kompak dan bekerja keras untuk memenuhi harapan masyarakat, terutama para pedagang Pasar Weleri yang sudah dua tahun ini menunggu dibangun kembali," katanya.

Kejelasan pembangunan pasar Weleri tersebut terang saja membuat para pedagang bisa bernafas lega. Pedagang yang sebelumnya mempertanyakan keseriusan pemerintah daerah dalam mengupayakan pembagunan pasar Weleri, kini telah mendapatkan kepastian.

Sebagaimana yang diungkapkan Faris bersama para anggota Forum Gerakan Anak Pedagang Pasar Weleri. Mereka yang beberapa hari lalu mendatangi kantor dewan untuk mempertanyakan kejelasan pembangunan pasar Weleri, mengaku lega atas dimasukkannya alokasi anggaran pembangunan Pasar Weleri dalam APBD Kendal 2023.

Pihaknya pun menyatakan akan terus mengawal dan mendampingi pembangunan Pasar Weleri hingga tuntas.
"Kami berterimakasih kepada DPRD yang sudah mewakili suara kami dan Bapak Bupati juga," ucapnya.

Terkait rencana pembangunan pasar Weleri, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menegaskan, pembangunannya akan dimulai awal tahun depan dan ditargetkan pada Oktober 2023 sudah bisa ditempati. Hal ini sesuai dengan target yang direncanakan dan saat ini sudah mulai dilakukan pembongkaran bangunan pasar yang terbakar.

"Sesuai dengan komitmen dan janji saya, anggaran untuk pembangunan Pasar Weleri saya pastikan akhir 2022 ini sudah ditetapkan, dan sekarang pun di Pasar Weleri sudah mulai dibongkar bangunan lama yang terbakar itu," tandasnya.

Pembangunan Pasar Weleri terdiri dari unit A dan unit B. Pembangunannya akan diteruskan pada tahun 2024. Namun targetnya pada akhir tahun 2023 sekitar 1.300 pedagang sudah bisa berjualan. Pasar Weleri yang baru nanti, bangunannya lebih besar dan lebih bagus, sehingga menjadi ikon pasar di Kabupaten Kendal.

"Ini akan kami kejar, saya kawal, di awal tahun nanti, pembangunan Pasar Weleri sudah dimulai dan ditargetkan di akhir 2023, pedagang sudah bisa masuk ke dalam Pasar Weleri," jelasnya.

Diberitakan, DPRD Kendal menggelar rapat paripurna dengan agenda Penetapan dan Persetujuan bersama APBD Kabupaten Kendal tahun anggaran 2023 pada Rapat Paripurna DPRD Kendal, Kamis (24/11/2022).

Secara garis besar APBD Kendal tahun 2023 yang ditetapkan terdiri dari Pendapatan Daerah Rp 2.484.039.184.489. Sedangkan untuk Belanja Daerah Rp2.572.259.057.603. Defisit Rp 88.219.873.114.
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1976 seconds (11.210#12.26)