Ikatan Keluarga Dewan Gelar Donor Darah, Bantu Pemenuhan Kebutuhan Darah di Kendal

Kamis, 24 November 2022 - 17:38 WIB
loading...
Ikatan Keluarga Dewan Gelar Donor Darah, Bantu Pemenuhan Kebutuhan Darah di Kendal
Ikatan Keluarga Dewan (IKD) DPRD Kendal menggelar donor darah di ruang paripurna DPRD Kendal, Rabu (23/11/2022).
A A A
KENDAL - Ikatan Keluarga Dewan (IKD) DPRD Kabupaten Kendal meggelar kegiatan donor darah. Hal ini dilakukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan darah di rumah sakit.

Ketua IKD DPRD Kendal Af'idatul Budur mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa keberadaan stok darah di sejumlah rumah sakit menipis. Menyikapi hal itu, kata dia, IKD DPRD Kendal bersama PMI menggelar kegiatan donor darah, Rabu (23/11/2022) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kendal.

“Donor darah ini bentuk kepedulian IKD Kabupaten Kendal, agar persediaan darah di Kabupaten Kendal mencukupi,” ujarnya.

Kegiatan donor darah diikuti sebanyak 28 orang pendonor sesuai dengan kapasitas kantong yang disediakan oleh panitia penyelenggara. Istri Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun itu berharap, dengan stok darah di PMI mencukupi, siapapun yang membutuhkannya tidak akan kesulitan mendapatkannya.

Menurut Af'idatul, kegiatan donor darah ini baru pertama kali diadakan oleh IKD kepengurusannya. Melihat animo para anggota dan masyarakat, pihaknya akan menggelar donor darah secara rutin tiap tiga bulan sekali.

“Ini kali pertama IKD Kendal menggelar acara donor darah. Setiap tiga bulan sekali nantinya kami akan menggelar donor darah di tempat yang sama,” ucapnya.

Dokter pelaksana donor darah, Dokter Agus Suwondo, mengatakan, stok darah di PMI Kendal, untuk golongan darah A sebanyak 62 kantong, golongan darah B sebanyak 52 kantong, golongan darah O sebanyak 114 kantong dan golongan darah AB sebanyak 21 kantong. Yakni dengan jumlah total 249 kantong.

“Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, di PMI Kendal, tidak pernah kekurangan darah. Karena jadwal donor darah selalu bisa terpenuhi. Hanya saja, saat pandemi Covid-19 sempat devisit yakni golongan darah B dan A, namun hal tersebut bisa teratasi," katanya.
(ars)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2403 seconds (11.252#12.26)