Dorong Produk Asli Daerah Berinovasi, ABBI 2022 Digelar

Selasa, 22 November 2022 - 16:35 WIB
loading...
Dorong Produk Asli Daerah Berinovasi, ABBI 2022 Digelar
Kementerian BUMN menggelar Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2022 sebagai upaya membangkitkan kembali usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setelah sempat terpukul akibat dua tahun pandemi COVID-19. (Ist)
A A A
SEMARANG - Indonesia memiliki keanekaragaman budaya , mulai dari tarian, makanan, hingga kerajinan tangan. Banyak sekali produk khas Indonesia yang unik dan saat ini sampai mancanegara dan disukai.

Kerajinan merupakan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. Kerajinan menghasilkan karya yang mementingkan nilai keindahan sebagai kegunaan atau hiasan.

Dalam pembuatan kerajinan, proses yang semakin rumit dilakukan maka membuat kualitas dan nilai jualnya juga semakin tinggi.

Oleh karenanya, Kementerian BUMN menggelar "Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2022" sebagai upaya membangkitkan kembali usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setelah sempat terpukul akibat dua tahun pandemi COVID-19.

"Alasan kami menggelar ini tidak lepas kontribusi UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi sektor ini lebih cepat pulih berkat penguasaan teknologi digital," kata Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting dalam konferensi pers ABBI 2022 secara daring, Selasa.

Menurut Loto, UMKM memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi serta kemitraan yang telah terjalin bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mendorong Kementerian BUMN untuk mendukung ajang tahunan ABBI 2022.

"Kegiatan ABBI 2022 ini turut melibatkan partisipasi dari masyarakat Indonesia. Tiga besar finalis dari empat kategori yang sudah terpilih dari serangkaian seleksi ketat akan ditentukan oleh publik untuk menempati posisi 1, 2, dan 3,” ujar Loto.

Dalam Konferensi Pers ABBI 2022 turut dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo RM Manuhutu, dan Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga, serta Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah

Loto menyampaikan bahwa pilihan publik untuk para pemenang akan dimulai sejak tanggal 22 November 2022 dan ditutup pada 9 Desember 2022 mendatang.

Selain memberikan apresiasi atas sejumlah capaian yang diperoleh para UMKM, IKM, serta para artisan, ABBI 2022 juga ingin mengomunikasikan kepada seluruh masyarakat bahwa produk-produk lokal khususnya hasil produksi UMKM, IKM, maupun para artisan juga memiliki kualitas produk yang baik dan berdaya saing.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1058 seconds (10.55#12.26)