Wakil Bupati Merlan S. Uloli Tegaskan Cegah Stunting Mulai dari Calon Pengantin

Rabu, 23 November 2022 - 15:44 WIB
loading...
Wakil Bupati Merlan S. Uloli Tegaskan Cegah Stunting Mulai dari Calon Pengantin
Dalam deklarasi Kecamatan Botupingge Bebas Stunting tahun 2023, Selasa (22/11/2022).Wakil Bupati Merlan S. Uloli tegaskan pencegahan stunting dimulai sejak masa calon pengantin. foto doc Pemkab Bone Bolango
A A A
SUWAWA - Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli menilai, pencegahan stunting harus dimulai sejak masa calon pengantin. Hal ini diungkap Wabup Merlan saat menghadiri deklarasi Kecamatan Botupingge Bebas Stunting tahun 2023 di Desa Timbuolo Tengah, Selasa (22/11/2022).

Wabup Merlan mengatakan pencegahan stunting ini membutuhkan komitmen bersama, tidak hanya deklarasi semata, tetapi juga butuh aksi yang dilakukan untuk intervensi stunting.

"Saya pikir jika pencegahan ini kita lakukan sejak masa calon pengantin, maka akan sangat baik. Kita edukasi mereka bagaimana memilih makanan yang baik untuk ibu hamil dan 1000 hari pertama kehidupan,"ujarnya.

Merlan mengungkapkan deklarasi ini tanggung jawab dan amanah yang harus dibuktikan bahwa benar Kecamatan Botupingge bebas stunting di tahun 2023 mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Bone Bolango Lukman A. Daud menambahkan deklarasi ini suatu kebanggaan bagi Bone Bolango. Ia pun meminta hal ini harus dibarengi dengan deklarasi stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) dan terus mengawasi pernikahan di usia dini.

"Tidak salah kiranya Botupingge mendeklarasikan hal yang berat ini dengan semangat 45. Ini tentu perlu komitmen kita untuk bekerja sama memerangi stunting," pungkas mantan Kadis Kominfo dan Kadis Pariwisata Kabupaten Bone Bolango itu.
(ars)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2115 seconds (11.97#12.26)