Donasikan Ribuan Kantong Darah di 15 Provinsi, Kolaborasi KITA Raih Muri

Selasa, 22 November 2022 - 15:15 WIB
loading...
Donasikan Ribuan Kantong Darah di 15 Provinsi, Kolaborasi KITA Raih Muri
Donor darah melibatkan 5.000 orang di 82 kabupaten/kota di 15 provinsi di Indonesia Timur mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).Foto/ist
A A A
SURABAYA - Kegiatan donor darah yang melibatkan 5.000 orang di 82 kabupaten/kota di 15 provinsi di Indonesia Timur mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Penghargaan donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2022" Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) diserahkan pada Minggu (20/11/2022).

Tahapan kegiatan ini sudah berlangsung pada 29 Oktober hingga 13 November 2022, melibatkan 750 komunitas dan sekitar 3.803 pendonor. Kegiataan ini didukung penuh oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur.

"Program donor darah massal yang diinisiasi oleh Kolaborasi KITA tahun ini mampu melibatkan lebih banyak partisipasi masyarakat umum seperti TNI/Polri, PNS, dan masyarakat desa. Kami berterimakasih kepada semua komunitas Indonesia Timur yang telah menjadikan kegiatan donor darah ini sebagai gerakan kemanusiaan yang luar biasa," jelas Bayu Surya Pamugar Sugeng, inisiator Kolaborasi KITA dalam webinar penyerahan penghargaan MURI di Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Bayu juga menyampaikan apresiasi kepada para petugas PMI di berbagai daerah di Indonesia Timur yang telah membantu terwujudnya program donor darah massal ini. Bahkan, di beberapa lokasi PMI terpaksa membatasi jumlah pendonor lantaran jumlah kantong darah dan tempat penyimpanan yang terbatas. Sementara jarak ke kantor PMI setempat cukup jauh.

Baca juga: Misteri Mayat Terbungkus Karpet di Jurang Pacet Mojokerto, Korban Pembunuhan?

"Terima kasih kepada PMI, di tengah berbagai tantangan di lapangan, telah membuat kegiatan donor darah ini terwujud. Besarnya minat masyarakat di berbagai daerah untuk mendonorkan darahnya menjadi hal yang sangat positif bagi kegiatan kemanusiaan lainnya ke depan," imbuh Bayu.

Aktivis kesehatan yang juga pegiat komunitas Dr Tirta Mandira Hudhi menilai kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Kolaborasi KITA bisa menjadi contoh bagi kegiatan sosial kemanusiaan lainnya. Ia melihat besarnya peran komunitas dalam kegiatan ini menjadi bukti bahwa komunitas menjadi semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

"Ini adalah tindakan yang sangat real, sumbangsih kemanusian yang konkret. Mudah-mudahan bisa dilanjutkan kedepannya oleh masing-masing komunitas, dan bisa jadi contoh bagi yang lain," jelas Dr Tirta yang menjadi salah satu pembicara di acara webinar Kolaborasi KITA.

Menurut Tirta, komunitas memiliki peran yang semakin penting dalam menggerakkan berbagai aksi sosial dan kemanusiaan.

"Di komunitas, semua orang bisa bercengkarama, membangun koneksi, memperluas relasi dan memperbanyak kolaborasi. Nah, dari berbagai kegiatan komunitas itulah bisa mendatangkan rezeki, walaupun itu bukan tujuan utamanya. Sekali lagi Kolaborasi KITA adalah contoh yang baik untuk kemanusiaan," ungkapnya memberi apresiasi.

Osmar Semesta Susilo dari MURI menjelaskan, dalam program "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2022" Muri memberikan penghargaan untuk dua aktivitas. Pertama, penghargaan untuk kegiatan donor darah oleh komunitas terbanyak dengan jumlah 750 komunitas. Kedua, penghargaam Muri untuk donor darah oleh komunitas di provinsi terbanyak yaitu 15 provinsi.

"Selamat kepada kolaborasi KITA. Semoga perhargaan ini semakin memperkuat soliditas dan solidaritas diantara teman-teman Komunitas Indonesia Timur Area. Senang bisa menjadi saksi sejarah bahwa ada ratusan komunitas dari berbagai latar belakang telah mendonorkan ribuan kantong darah untuk masyarakat. Anda adalah pahlawan semua," jelasnya.

Bapak Komunitas Indonesia, Suharto menyampaikan kebanggaannya terhadap aktivitas Kolaborasi KITA 2022. Menurutnya program donor darah yang telah memasuki tahun ketiga ini telah menjadi gerakan kemanusiaan yang sangat positif di Indonesia Timur.

"Apa yang telah dilakukan oleh teman-teman komunitas ini adalah legacy seumur hidup, yang bisa diceritakan ke anak cucu nanti. Bahwa dalam situasi sesulit apapun, termasuk saat COVID-19, Anda semua tetap bekerja untuk kegiatan kemanusiaan. Itulah jiwa dan karakter Indonesia yang harus selalu kita rawat dan jaga bersama," ujar Suharto
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2557 seconds (0.1#10.140)