Pembangunan PDN di Jawa Barat, Ditarget Selesai 2 Tahun Kedepan

Sabtu, 19 November 2022 - 01:33 WIB
loading...
Pembangunan PDN di Jawa Barat, Ditarget Selesai 2 Tahun Kedepan
Menkominfo Johnny G. Plate (paling kanan) didampingi Dirjen Aptika Kominfo, Semuel A. Pangerapan (kedua dari kanan) dan President Director Ellipse Project Olivier Picard (ketiga dari kanan) sedang melihat maket pusat data nasional. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) memasuki tahap peletakan batu pertama (ground breaking). Pembangunan PDN pertama ini ditargetkan selesai dalam dua tahun kedepan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan, pembangunan PDN pertama ini dilaksanakan dalam jangka waktu 24 bulan, sejak tanggal efektif kontrak, atau akan selesai minggu ketiga di bulan Oktober 2024.

Pembangunan PGN ini dilakukan di kawasan Deltamas (Industrial Estate), Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Ini Pertimbangan Kominfo Saat Membangun Pusat Data Nasional Indonesia

"PGN memiliki kapasitas prosesor 25.000 core, storage 40 petabyte dan memori 200 terabyte. Untuk tahap awal power supply yang disiapkan 20 megawatt, dan akan ditingkatkan 80 megawatt," katanya, Jumat (18/11/2022).

Lebih lanjut, Menkominfo menjelaskan, pembiayaan proyek ini dibangun dengan skema G-to-G financing, yaitu bantuan dari pemerintah Prancis sebesar 85 persen dan alokasi APBN berupa rupiah murni sebesar 15 persen.

Dirinya pun berharap, pusat data ini dapat dikelola dengan baik dan bertanggung jawab, demi mewujudkan Satu Data Indonesia, untuk pengambilan keputusan kebijakan publik berbasis data.

Baca: Wamenkumham Eddy Hiariej Luncurkan Aplikasi Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal

"Pemerintah saat ini memiliki 27.000 lebih aplikasi yang datanya tersebar di berbagai kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah. Dengan adanya PDN, seluruh data pemerintah akan disimpan dalam satu tempat," jelasnya.

Dilanjutkan dia, PDN juga dapat menghemat APBN. Disebutkan, saat ini ada 2.700 pusat data dalam lingkup pemerintah yang sebagian besar memakai ruang server berbiaya besar setiap tahun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2647 seconds (11.210#12.26)