Hadiri Pembukaan Pomnas, Gubernur Sumbar Yakin Event Olahraga Ini Berdampak pada Perekonomian

Kamis, 17 November 2022 - 21:49 WIB
loading...
Hadiri Pembukaan Pomnas, Gubernur Sumbar Yakin Event Olahraga Ini Berdampak pada Perekonomian
Gubernur Sumbar, Mahyedi Ansharullah turut menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ke-17 Tahun 2022 di Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (17/11/2022). Foto SINDOnews
A A A
PADANG - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyedi Ansharullah turut menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-17 Tahun 2022 di Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang , Sumatra Barat, Kamis (17/11/2022). Dalam sambutannya, Mahyedi yakin event olahraga tersebut akan berdampak positif terhadap perekonian Sumbar.

Menurutnya, event yang menghadirkan ribuan peserta dari berbagai daerah ini akan berpengaruh terhadap perekonomian di daerahnya. Saat ini, lanjut Mahyedi, pihaknya sedang fokus untuk mengoptimalkan potensi pariwisata. Baca juga: Gubernur Sumbar Serahkan Mobil Dinas Bantu Penanganan COVID-19

Lanjut dia, jika dari ribuan peserta yang hadir di Sumbar, pulang dan menceritakan hal-hal yang baik terutama pariwisata, pasti banyak yang akan berkunjung ke Sumbar.

Karena itu, pihaknya berharap agar menceritakan tentang Sumbar jika ditemukan hal yang indah dan baik. "Tapi sampaikan kepada kami jika ada hal yang tidak baik agar kami bisa berbenah," pinta gubernur.

Event Pomnas yang bertajuk “Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas” dengan moto "Hebat, Bersahabat, Terhormat" menghadirkan 2.985 atlet dari ratusan perguruan tinggi. Peserta Pomnas ke-17 adalah utusan dari 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) seluruh Indonesia.

Acara Pomnas ini berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 17 hingga 26 November tahun 2022. Event ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang dan Sepak Takraw.

Kesembilan cabor ini digelar di Kampus UNP. Sementara cabor Tae Kwon Do dan Karate dilakukan di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang. Dan untuk cabor Bulu Tangkis dan Panjat tebing pelaksanaannya di Kampus Universitas Andalas

Gubernur menyampaikan rasa bangganya karena dengan adanya Pomnas yang menghadirkan seluruh mahasiswa dari seluruh provinsi di Indonesia, dapat membangkitkan perekonomian di Sumbar.

“Kami harap kepada para pelaksana kegiatan dan masyarakat dapat menyambut dan melayani para peserta dan timnya dengan baik sehingga para tamu yang berkunjung ke Sumbar dapat memberikan testimoni positif,” ucap dia. Baca juga: Wacana Sumbar Jadi Daerah Istimewa Minangkabau, Ini kata Gubernur

Pomnas kata Gubernur Sumbar, dapat memberi semangat dan peluang pengembangan kompetensi keolahragaan baik di tingkat lokal maupun nasional. “Semoga penyelenggaraan acara ini dapat meningkatkan motivasi para atlet untuk meraih prestasi yang semakin gemilang,” ujarnya.

Sementara itu, Vebi Sesmita Husna, peserta Pomnas dari cabang olahraga (cabor) Tarung Derajat mengungkapkan rasa gembiranya mengikuti Pomnas.

“Saya sangat senang setelah tertunda karena pandemi Covid-19, kali ini Pomnas kembali terlaksana,” ungkap mahasiswa UNP jurusan Kepelatihan, Fakultas Ilmu Keolahragaan itu.

“Semoga tahun depan penyelenggaraan Pomnas lebih baik lagi. Kepada teman-teman mahasiswa, selamat berjuang meraih prestasi,” pesannya.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2595 seconds (11.97#12.26)