Ketua Dewan Pastikan Anggaran Pembangunan Pasar Weleri Masuk dalam APBD 2023

Kamis, 17 November 2022 - 20:36 WIB
loading...
Ketua Dewan Pastikan Anggaran Pembangunan Pasar Weleri Masuk dalam APBD 2023
Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun saat menerima audiensi Forum Gerakan Anak Pedagang Pasar Weleri (FG-APPW) di ruang serbaguna DPRD Kendal pada Kamis (17/11/2022).
A A A
KENDAL - Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, memastikan anggaran untuk pembangunan pasar Weleri yang terbakar beberapa tahun lalu masuk dalam APBD 2023. Jika pihak eksekutif tidak mengalokasikan, legislatif akan menggunakan hak budgeting dengan menuliskan anggarannya.

Demikian disampaikan Ketua Dewan saat menerima audiensi Forum Gerakan Anak Pedagang Pasar Weleri (FG-APPW) di ruang serbaguna DPRD Kendal pada Kamis (17/11/2022).

"Kami dari dewan sudah mendorong eksekutif agar pembangunan Pasar Weleri menjadi prioritas dan segera diisi. Tapi sampai sekarang belum masuk di KUA PPAS," kata Makmun.

Dijelaskan Makmun, APBD Kendal tahun 2023 rencananya akan diparipurnakan pada tanggal 24 November dan paling lambat digelar pada 30 November 2022.

Terkait pembangunan pasar Weleri, menurut Makmun hal itu menjadi harapan seluruh lapisan masyarakat. Dia sendiri bisa memahami apa yang menjadi keinginan masyarakat, khususnya FG-APPW yang sejak dari masa sekolah hingga besar dibiayai orang tuanya dengan berjualan di Pasar Weleri.

"DPRD Kendal tentu berkomitmen untuk kembali bisa membangun Pasar Weleri. Tentunya komitmen ini bukan karena mereka datang kesini, tapi karena sudah kita rapatkan dan disepakati dalam internal bahwa anggaran prioritas kami dipemulihan ekonomi ini adalah menganggarkan dibangunnya kembali Pasar Weleri," jelas Makmun.

Anggaran yang akan dikucurkan melalui APBD 2023 dipastikan tidak sekali jadi. Artinya, dalam pembangunan nantinya tidak akan selesai dalam waktu satu tahun.

"Bayangan kami dengan melihat kondisi APBD yang ada paling kami hanya bisa menganggarkan sekitar Rp40 miliar sampai Rp50 miliar. Misalkan anggaran itu hanya baru bisa membangun sebagian atau separuhnya, nanti kita minta pihak perencana pembangunan agar bisa memfungsikan pasar terlebih dahulu," ungkapnya.

Dirinya juga berjanji untuk memberikan anggaran pada proses pembangunan tahun berikutnya melalui APBD Kendal untuk menyelesaikan proses pembangunan pasar.

Ketua FG-APPW, Pungky Ariwibowo mengatakan, dalam audensi yang digelar, pihaknya menyampaikan empat tuntutannya pada DPRD Kendal. Diantaranya yakni, meminta Pasar Weleri segera dibangun. Menolak pembangunan sport center di Pasar Weleri, menuntut memperjuangkan nasib rakyat dan menuntut DPRD Kendal menganggarkan APBD untuk membangun Pasar Weleri.

"Kami berterima kasih sekali kepada Ketua DPRD Kendal yang sudah mendengar aspirasi kami dan mengabulkan tuntutan kami dengan merencanakan anggaran pembangunan untuk Pasar Weleri," katanya.

Dia juga mengatakan, seluruh lapisan masyarakat Weleri menolak rencana pembangunan sport center di Pasar Weleri. "Itu kami tegas menolak, karena itu tak memberikan dampak kepada pedagang dan tak bisa menyedot kedatangan pembeli ke Pasar Weleri," ungkapnya.
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1554 seconds (10.177#12.26)