Kunjungi Pupuk Kaltim, Sultan Kutai Kartanegara Anugerahi Rahmad Pribadi Gelar Raden Mas Pranata

Kamis, 17 November 2022 - 13:15 WIB
loading...
Kunjungi Pupuk Kaltim, Sultan Kutai Kartanegara Anugerahi Rahmad Pribadi Gelar Raden Mas Pranata
Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura apresiasi perhatian dan kontribusi PT Pupuk Kaltim, terhadap pelestarian adat serta budaya Kutai yang direalisasikan pada berbagai program dan kegiatan. (Ist)
A A A
BONTANG - Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura apresiasi perhatian dan kontribusi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), terhadap pelestarian adat serta budaya Kutai yang direalisasikan pada berbagai program dan kegiatan. Hal itu ditegaskan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin, saat kunjungan ke Pupuk Kaltim, Rabu (16/11/2022).

Diungkapkan Sultan Adji Muhammad Arifin, Pupuk Kaltim merupakan salah satu perusahaan yang dekat dengan budaya Kutai, melihat besarnya perhatian dan dukungan yang telah diberikan. Baik di Kota Bontang seperti Erau Pelas Benua Guntung dan Pesta Adat Bontang Kuala, serta agenda tahunan Erau Adat Kutai Kartanegara yang digelar Kesultanan di Kota Raja Tenggarong.

Atas dasar tersebut, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura memberikan gelar kehormatan bagi Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, yakni Raden Mas Pranata yang sekaligus menjadi bagian kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

"Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pupuk Kaltim atas kerjasama dan dukungan terhadap pelestarian adat budaya Kutai selama ini," ujar Sultan Adji Muhammad Arifin.

Dirinya berharap kepedulian Pupuk Kaltim terhadap pelestarian adat budaya Kutai di Kota Bontang dan Kaltim terus berlanjut dan meningkat setiap tahun. Sehingga kegiatan bertema adat dan budaya Kutai yang terlaksana melalui berbagai gelaran dapat terus dilestarikan sebagai warisan kepada generasi mendatang.

"Kami harap kesinambungan dukungan Pupuk Kaltim agar eksistensi budaya adat Kutai di Kalimantan Timur ini bisa terus dipertahankan, dan semakin maju dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan," tambah Sultan Adji Muhammad Arifin.

Pada kesempatan itu, Sultan Adji Muhammad Arifin secara langsung melakukan penyematan tanda gelar Raden Mas Pranata kepada Rahmad Pribadi, yang secara khusus mengenakan pakaian adat Kutai sebagai simbol penghormatan dan komitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam menjaga serta melestarikan adat budaya daerah.

Penyematan berlangsung dihadapan keluarga Kesultanan dan Manajemen Pupuk Kaltim, disaksikan pengurus Lembaga Adat Guntung dan Bontang Kuala.

Rahmad Pribadi pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas gelar kehormatan Raden Mas Pranata yang diberikan. Menurut dia hal ini menjadi kebanggaan dan tonggak sejarah baru bagi Pupuk Kaltim, atas penerimaan warga Kutai terhadap keberadaan perusahaan sebagai bagian dari kerabat Kesultanan.

"Secara khusus kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas gelar yang telah diberikan. Ini kehormatan bagi Pupuk Kaltim yang telah disambut sebagai bagian dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura," kata Rahmad Pribadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4850 seconds (0.1#10.140)