Dubes Inggris Owen Jenkins Puji Pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia

Rabu, 16 November 2022 - 23:32 WIB
loading...
Dubes Inggris Owen Jenkins Puji Pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengapresiasi pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia tahun ini. Owen terutama memuji tema yang diangkat yakni Recover Together, Recover Stronger. Foto ist
A A A
DENPASAR - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengapresiasi pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia tahun ini. Owen terutama memuji tema yang diangkat dalam presidensi G20 yakni "Recover Together, Recover Stronger".

Menurut Owen, ini merupakan jargon sekaligus tema yang dibutuhkan dunia saat ini. Owen mengungkapkan tema ini telah mewakili keprihatinan seluruh negara pasca pandemi Covid-19 yang menghantam negara-negara di dunia dengan banyak aspek kehidupan terdampak.



“Dan saya rasa ketika Indonesia menetapkan jargon tersebut lengkap dengan tiga isu prioritas yaitu transasi energi, transformasi digital dan penguatan infrastruktur kesehatan global, sekali lagi ini sangat tepat karena kita baru saja
pulih dari pandemi," kata Owen dalam diskusi daring yang diadakan FMB9, Rabu (16/11/2022).

Owen juga menyinggung manfaat G20 bagi hubungan Indonesia dan Inggris. Menurutnya kedua negara akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa banyak dari Presidensi G20 ini.

“Saya rasa kedua negara bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa banyak dari forum G20. Dan seperti pernyataan saya sebelumnya, isu prioritas yang diusung oleh Indonesia adalah juga menjadi stimulus untuk meningkatkan perekonomian kedua negara, baik bagi Inggris maupun Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan keketuaan Indonesia dalam gelaran G20 tahun ini sungguh luar biasa, bahkan sudah berjalan extra mile.

"Di presidensi G20 Indonesia, kita ini berjalan extra mile. Kenapa? Di awal presidensi kita mengatakan ingin membawakan suara negara-negara berkembang dan kita ingin mempresentasikan kerjasama-kerjasama konkrit yang dilakukan oleh negara G20 untuk dunia," kata Menlu Retno.

Dia menjelaskan, kesuksesan sebuah KTT G20 dapat diukur melalui dua hal. Pertama adalah kehadiran para pemimpin negara anggota. Dalam presidensi Indonesia, kehadiran para leaders dari negara anggota sangat tinggi. Baca Juga: Indonesia Sukses Menggelar Kegiatan KTT G20 di Bali

Padahal dalam situasi normal pun, tidak semua KTT G20 dihadiri oleh semua negara. Ukuran kedua, tambah Menlu Retno, adalah output dari gelaran KTT G20 tersebut yang berakhir pada deklarasi, yakni nama sebuah dokumen.

"Di penghujung ini tentunya apa dong extra milenya, maka kita lakukan negosiasi terpisah untuk apa yang dinamakan "G20 Action for Strong and Inklusive Recovery" imbuhnya.

Terkait isinya dari dokumen ini, tambah Menlu Retno, adalah berupa daftar proyek disebut "concrete deliverables". Dokumen ini nantinya disajikan untuk dunia. Dalam daftar proyek ini, terang Menlu Retno, ada yang sifatnya new projects, dukungan untuk existing projects hingga extention dari existing project.

Selain itu, ada juga yang berbentuk hibah, capacity building, research development hinhgga investasi. "Dan ini untuk pertama kalinya dalam G20 kita berpikir mengenai concrete deliverables. Jadi bukan saja katakanlah yang biasa dua itu yang menjadi ukuran, bahkan Indonesia sudah berjalan extra mile," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)