Persiapan Piala Dunia U-20, Shelter PKL di Stadion Harus Dibongkar

Rabu, 08 Juli 2020 - 15:45 WIB
loading...
Persiapan Piala Dunia U-20, Shelter PKL di Stadion Harus Dibongkar
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo
A A A
SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal membongkar shelter di seputar Stadion Manahan terkait persiapan piala dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Sesuai rekomendasi FIFA, kawasan stadion harus bersih dari pedagang kaki lima (PKL) 6 bulan sebelum perhelatan. (Baca juga: Ketum PSSI Puji Stadion Manahan Solo untuk Venue Piala Dunia U-20 )

“Saat ini kami masih mencari solusi untuk tempat PKL. Karena 6 bulan sebelum piala dunia harus steril,” kata Wali Kota Solo FX Rudyatmo di Balai Kota Solo, Rabu (8/7/2020).

Karena harus steril, maka shelter yang menempel di pagar stadion harus dibongkar. Demikian pula di dalam kawasan stadion juga harus steril, termasuk tidak boleh ada kegiatan pedagang.

Jika ingin makan, maka penonton harus di luar stadion mengingat radius 1 kilometer harus steril. Sedangkan untuk lapangan pendukung, saat ini baru dibahas dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Wali Kota memastikan lima lapangan pendukung statusnya merupakan milik Pemkot Solo semua.

Sedangkan untuk anggaran, untuk tahun 2020 Pemkot Solo belum memiliki karena tersedot untuk penanganan COVID-19. Sementara, renovasi stadion pendukung tidak boleh dibebankan seluruhnya ke pemerintah pusat. Lima lapangan pendukung yang rencananya dipakai adalah Stadion Sriwedari, lapangan banyuanyar, Lapangan Karangasem, dan lapangan Sriwaru.

Sedangkan lapangan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masih tanda tanya bisa tidak diusulkan sebagai lapangan pendukung. “Boleh nggak berada di kawasan pendidikan,” kata dia.

Selain itu, jarak lapangan pendukung untuk latihan tim yang berlaga jaraknya maksimal 10 menit dari Stadion Manahan.

Stadion Manahan Solo ditetapkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Laga sepakbola internasional dapat disaksikan di stadion kebanggaan Wong Solo tersebut tahun depan. Saat meresmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga karena kini megah dengan fasilitas yang lebih baik.

Demikian pula Ketua umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan saat meninjau Stadion Manahan juga memberikan pujiannya. Berbagai fasilitas di stadion, seperti tempat ganti pakaian pemain, kamar mandi, ruang wasit, ofisial, tempat pemanasan pemain. Termasuk kursi juga telah standar FIFA.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3950 seconds (0.1#10.140)