Pertahankan Prestasi Cabor Sepak Takraw, Ketua DPRD Kendal Dukung PSTI Siapkan Atlet Muda

Senin, 14 November 2022 - 13:02 WIB
loading...
Pertahankan Prestasi Cabor Sepak Takraw, Ketua DPRD Kendal Dukung PSTI Siapkan Atlet Muda
Prestasi cabang olah raga sepak takraw di Kendal harus menjadi cambuk bagi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI), untuk itu harus mempersiapkan atlet-atlet berprestasi sejak usia dini.
A A A
KENDAL - Sepak Takraw menjadi salah satu cabang olah raga unggulan yang telah mengharumkan nama Kabupaten Kendal baik di tingkat daerah hingga nasional. Berbagai upaya pun terus dilakukan untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih selama ini.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan prestasi cabang olah raga sepak takraw harus menjadi cambuk bagi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kendal untuk mempersiapkan atlet-atlet berprestasi sejak usia dini. Menurutnya langkah itu perlu dilakukan agar regenerasi atlet tidak terputus dan bisa berkelanjutan.

Demikian disampaikan Ketua Dewan yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSTI Kendal saat membuka kejuaraan sepak takraw antar pelajar yang digelar di SD Negeri 2 Jungsemi, Kecamatan Kangkung, baru-baru ini.

Lebih lanjut Makmun mengatakan, kejuaraan antar pelajar maupun kelompok lainnya perlu digelar secara rutin sebagai sarana mengukur kegiatan pembibitan para atlet.

"Di desa ini banyak melahirkan atlet-atlet sepak takraw profesional yang berlaga di tingkat nasional, bahkan ada yang sudah go internasional, sehingga ini menginspirasi kami untuk menggelar kejuaraan di sini," ungkapnya.

Sejak menahkodai PSTI Kendal tahun ini, Makmun telah mengantarkan para atlet meraih juara umum dalam ajang kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah beberapa bulan lalu di Klaten.

Pada Agustus lalu, PSTI Kendal juga sukses menggelar Kejuaraan Nasional Sepak Takraw yang diikuti puluhan tim dari berbagai daerah di tanah air. Tak mengecewakan, tim putra tuan rumah berhasil menjadi juara 1, sementara untuk kelompok putri diraih oleh pesaing beratnya dari Kabupaten Jepara.

Diberitakan, PSTI Kendal menggelar kejuaraan sepak takraw antar pelajar di SD Negeri 2 Jungsemi Kecamatan Kangkung. Sulton selaku ketua panitia menerangkan, kejuaraan diikuti oleh 22 tim putra dan 6 tim putri untuk kategori pelajar tingkat SD. Sedang untuk tingkat SMP, sebanyak 14 tim putra dan 8 tim putri.

Sulton yang juga menjabat sebagai ketua harian PSTI Kendal berharap, dengan rutinnya sebuah kejuaraan yang digelar, proses pembibitan atlet bisa terus berlanjut.

"Kita juga melihat daerah lain. Mereka juga serius dalam melakukan proses pembibitan dan wilayahnya lebih luas. Kita tidak mau ketinggalan dengan mereka," ungkapnya.

Dia membeberkan, PSTI Kendal selama ini banyak menyabet prestasi di tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional. Untuk tingkat provinsi, dia menyebut Kabupaten Jepara sebagai lawan tangguh dalam setiap kali ada turnamen.

"Lawan beratnya Jepara. Kalau yang lain kita selalu menang, bahkan untuk di Karisidenan Semarang kita selalu nomor satu," bebernya.
(srf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1769 seconds (10.177#12.26)