Kisah Guru Honorer Lumajang yang Menjadi Inspirasi

Selasa, 15 November 2022 - 10:05 WIB
loading...
Kisah Guru Honorer Lumajang yang Menjadi Inspirasi
Ribut Santoso merupakan seorang guru honorer asal Lumajang, Jawa Timur yang belakangan ini menjadi sorotan di media sosial baik Instagram maupun TikTok. (Ist)
A A A
LUMAJANG - Ribut Santoso merupakan seorang guru honorer asal Lumajang, Jawa Timur yang belakangan ini menjadi sorotan di media sosial baik Instagram maupun TikTok.

Selain berprofesi menjadi seorang guru di sekolah, Ribut juga seorang koreografer dan pemilik sanggar tari. Bagi beliau menjadi seorang guru adalah profesi yang mulia, karena beliau dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi murid-muridnya.

“Saya senang dekat dengan anak-anak, suka mencerdaskan anak, dan dekat dengan anak-anak membuat saya terlihat awet muda” ujar Ribut.

Metode pembelajaran yang digunakan Ribut yaitu dengan memberikan soal-soal yang harus dikerjakan murid-muridnya sebelum istirahat atau pulang sekolah. Bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan tersebut dengan benar, rupanya Ribut telah menyiapkan hadiah.

Menurut Ribut, hadiah-hadiah ini adalah cara ia untuk memotivasi anak untuk lebih giat lagi dalam belajar. Sumber hadiah yang diberikan untuk siswa adalah murni dari kantongnya sendiri. Beliau berharap dengan cara seperti ini, dapat memotivasi siswa untuk tetap semangat datang ke sekolah dan tidak membolos.

Kerja keras yang telah dilakukan oleh Ribut telah membuat Agus Salim, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang memanggil Ribut beberapa waktu yang lalu.

Agus memberikan apresiasi kepada Ribut atas metode pengajarannya yang baik dan menarik sehingga siswa juga bisa lebih dekat dengannya. Selain itu, konten-konten yang dibuat oleh Ribut telah banyak menarik perhatian orang dan membuat orang lain senang.

“Pak Ribut itu bagus loh, dia metode nya bagus. Dia juga sangat dekat dengan muridnya, dan memang gaya nya seperti itu tidak di buat-buat, jadi di senangi oleh siswanya," ujar Agus.

Meskipun menjadi guru itu menyenangkan, namun pasti ada hambatan dalam mengajar, seperti apabila guru sedang sakit. Secara otomatis guru pasti tidak akan bisa memberikan pengajaran yang maksimal di dalam kelas. Sehingga, guru pun harus menjaga kesehatan nya dengan cara makan makanan yang bergizi dan berolahraga.

Dengan adanya problematika ini, PT Sasa Inti, perusahaan bumbu masakan terkemuka di Indonesia, memberikan apresiasi kepada Ribut atas kebaikan yang telah di lakukannya, serta mendukung Ribut untuk terus berbuat kebaikan dengan memberikan Ribut sebuah Box of Kindness yang berisi produk Sasa Platinum Care+.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2999 seconds (11.210#12.26)