Sampaikan Visi Activistpteneur di Sultra, Ini Penjelasan Ketum KNPI

Senin, 14 November 2022 - 20:06 WIB
loading...
Sampaikan Visi Activistpteneur di Sultra, Ini Penjelasan Ketum KNPI
Ketum DPP KNPI Muhammad Ryano Panjaitan menghadiri agenda KNPI Awards sekaligus konsolidasi yang digelar DPD KNPI Provinsi Sultra. Foto/Ist
A A A
KENDARI - Ketua Umum (Ketum) DPP KNPI Muhammad Ryano Panjaitan menghadiri agenda KNPI Awards sekaligus konsolidasi yang digelar DPD KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ryano Panjaitan yang didampingi oleh Sekjen DPP KNPI Almanzo Bonara dan sejumlah fungsionaris menegaskan pentingnya peran dan partisipasi pemuda dalam mendukung pembangunan daerah, di tengah-tengah kemajuan era digital.

Baca juga: Prajnaparamita, Sosok Perempuan Cantik Jawa Titisan Raja Singasari

Menurutnya konsolidasi organisasi merupakan faktor penting untuk penguatan kelembagaan dan kaderisasi kepemimpinan pemuda di daerah. Namun ada hal penting lain yang harus dimiliki dan dikerjakan oleh pemuda di era ini, yakni kemampuan menciptakan entrepreneur muda.

Hal itu guna mendorong terciptanya kemandirian pemuda dalam mengelola organisasi.

"Saat ini kita sedang menggaungkan Activistpreneur sebagai konsep dan tujuan besar kita untuk membangun dunia kepemudaan yang lebih maju dan progresif. Gerakan ini (Activistpreneur) harus bisa menjadikan pemuda sebagai aktivis yang memiliki kemampuan dan kompetensi menjawab tantangan zaman, baik secara politik sekaligus menciptakan kemandirian ekonomi," kata Ryano, Senin (14/11/2022).

"Apa lagi kini populasi usia muda sangat besar, maka tugas kita menjadikan pemuda sebagai motor penggerak perubahan," lanjutnya.

Baca juga: Misteri Terbunuhnya Rombongan Pengantin Kerajaan Sunda di Tangan Pasukan Majapahit saat Perang Bubat

Dia menyebut Visi Activistpreneur harus terus dikerjakan dan massif-kan ke seluruh tingkatan kepengurusan KNPI. Bahkan ditularkan kepada seluruh elemen kepemudaan, agar lahir generasi muda yang kuat secara pemikiran serta produktif, yang berkontribusi menunjang pembangunan ekonomi di daerah maupun menunjang pembangunan nasional.

"Itulah kiprah pemuda yang sesungguhnya," tegas Ryano.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Sultra, Alvin Akawijaya Putra yang menyatakan bahwa Provinsi Sulawesi Tenggara dianugerahi potensi sumber daya alam yang melimpah. Oleh karena itu pemuda harus memiliki kemampuan dan kreativitas mengelola semua potensi yang ada.

Karena itu menciptakan entrepreneur muda merupakan keharusan dan tanggung jawab bersama dalam mengelola potensi yang ada, agar memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak termasuk masyarakat Sulawesi Tenggara.

KNPI Awards juga menganugerahkan Gubernur Sulawesi Tenggara, H Ali Mazi sebagai nominator Tokoh Inspiratif Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara 2022.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3632 seconds (11.252#12.26)