Gunungkidul Gempar! KPK Temukan Jenazah Masih Utuh Meski Terkubur Puluhan Tahun

Jum'at, 11 November 2022 - 21:39 WIB
loading...
Gunungkidul Gempar! KPK Temukan Jenazah Masih Utuh Meski Terkubur Puluhan Tahun
Sesosok jenazah yang sudah terkubur puluhan tahun, ditemukan masih utuh di Pemakaman Umum Dusun Wareng I, Kalurahan Wareng, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Foto/Ist.
A A A
GUNUNGKIDUL - Jenazah yang masih utuh, meski telah terkubur puluhan tahun menggemparkan warga Dusun Wareng I, Kalurahan Wareng, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Penemuan jenazah itu terjadi, saat Kelompok Penggali Kubur (KPK) melakukan penggalian makam.



Lurah Wareng, Ari Wibawa membenarkan adanya peristiwa penemuan jenazah yang masih tersebut. Awalnya mereka menganggap penemuan jenazah yang masih utuh tersebut, adalah hal yang biasa.



Bahkan, warga sering menemukan tulang-belulang di area pemakaman tersebut, ketika menggali kubur untuk memakamkan jenazah. "Di makam itu sudah penuh. Jadi kami sering menemukan tulang-belulang ketika menggali tanah untuk pemakaman," terang Ari Wibawa, Jumat (11/11/2022).



Saat itu, masyarakat tidak kaget dan tidak begitu memperhatikan terlalu detil kondisi jenazah tersebut. Warga juga tidak begitu memperhatikan jenis kelamin jenazah yang masih utuh tersebut.

Karena dianggap hal biasa, maka jenazah tersebut dikembalikan ke tempat semula berdampingan dengan jenazah yang baru dimakamkan. "Saya baru kaget setelah foto penemuan jenazah tersebut tersebar luas, dan sekarang menjadi viral," ungkap Ari Wibawa.

Penemuan jenazah yang masih utuh tersebut, bermula ketika ada salah satu warga yang berusia 94 tahun meninggal karena sakit, pada Kamis (10/11/2022). Kebetulan di Kalurahan Wareng, ada tiga pemakaman umum salah satunya di Dusun Wareng I.



Seperti biasa, KPK melakukan penggalian untuk menguburkan jenazah warga yang meninggal. Dan saat itu, KPK mencari lahan yang masih kosong di Tempat Pemakaman Umum Dusun Wareng I tersebut. "Masih ada lahan yang sepertinya kosong, dan bisa digali," Kata Ari Wibawa.

Setelah KPK menggali tanah, ditemukan bekas nisan yang sudah lapuk. Ternyata lahan tersebut sebelumnya memang makam, namun sudah lama tak terurus. Dan penggalian makam diteruskan.

Mereka kemudian menemukan jenazah yang masih utuh terbungkus kain kafan. Anehnya tali pocong jenazah tersebut masih terikat rapi. Dan kondisi jenazah masih utuh, padahal jika dilihat dari nisan dan tidak terurusnya makam tersebut, diperkirakan jasad sudah dimakamkan puluhan tahun.

Ari Wibawa tidak mengetahui keluarga dari jenazah yang ditemukan masih utuh tersebut. Apalagi saat ini makam tersebut tidak terurus, bahkan nisannya sudah terkubur di dalam tanah.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)