Waspada! Sejumlah Provinsi Bakal Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang pada Jumat

Jum'at, 11 November 2022 - 10:44 WIB
loading...
Waspada! Sejumlah Provinsi Bakal Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang pada Jumat
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebutkan sejumlah provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Jumat (11/11/2022) hari ini. Foto ilustrasi
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menyebutkan sejumlah provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Jumat (11/11/2022) hari ini.



Dalam situs resmi BMKG terdapat potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali. Baca juga: Seluruh Wilayah Jakarta Akan Diguyur Hujan, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

"Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Natuna dan di Samudra Pasifik utara Halmahera yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Natuna hingga perairan timur Riau, dari Jambi hingga Selat Karimata bagian utara, dan di Samudra Pasifik timur Filipina," demikian disampaikan BMKG.

Selanjutnya, daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Samudra Hindia barat Sumatera Utara-Lampung, dari Selat Malaka hingga Sumatera Barat, dari Laut Jawa bagian barat hingga Kalimantan Barat, di perairan selatan dan utara Jawa Timur, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dan di perairan utara Papua.

Kondisi tersebut, menurut BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Baca juga: Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Selama Sepekan

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, diprakirakan sebagian wilayah DKI Jakarta hujan pada Jumat pagi, yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur mengalami hujan ringan. Sedangkan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprakirakan berawan.

Lalu pada siang harinya, hujan sedang akan mengguyur Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Jakarta Pusat dan Jakarta Utara mengalami hujan ringan, lalu Kepulauan Seribu diperkirakan berawan. Malam harinya seluruh DKI Jakarta mengalami hujan ringan.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3336 seconds (11.97#12.26)