Hamim Nilai Raport Kesehatan Bone Bolango Baik

Senin, 07 November 2022 - 17:48 WIB
loading...
Hamim Nilai Raport Kesehatan Bone Bolango Baik
Pencanangan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tingkat Kabupaten Bone Bolango, di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Sabtu (5/11/2022).
A A A
BONE BOLANGO - Bupati Bone Bolango Hamim Pou menilai Hari Kesehatan Nasional (HKN) menjadi bahan evaluasi seberapa baik kinerja dalam membangun derajat kesehatan di Bone Bolango.Hal ini diutarakan Bupati Hamim Pou saat diwawancarai usai mencanangkan HKN ke-58 tingkat Kabupaten Bone Bolango, di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Sabtu (5/11/2022).

“Jika kita lihat angka-angka kinerja kesehatan menunjukkan perbaikan. Misalnya angka kematian bayi turun, angka kematian ibu turun, prevalensi gizi buruk juga turun serta stunting juga berkurang. Ini artinya raport secara keseluruhan jajaran kesehatan Bone Bolango baik,"ungkap Hamim.

Namun demikian, Hamim menyayangkan masih banyak warga Bone Bolango yang merokok meskipun telah dikeluarkan Peraturan Daerah tentang larangan merokok."Jika ini kita alihkan ke sektor pendidikan, perbaikan rumah, atau ditabung tentu ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"ujar Hamim.

Hamim pun mengajak seluruh masyarakat Bone Bolango untuk membiasakan pola hidup sehat dengan banyak berolahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, istrahat yang cukup serta mengurangi kebiasaan merokok.

Di saat yang sama, Bupati Bone Bolango dua periode itu, tak lupa mengucapkan rasa syukur sebab setelah hampir tiga tahun para jajaran kesehatan mengatasi pandemi Covid-19 yang sekarang berangsur normal."Akhirnya setelah tiga tahun itu pada jajaran kesehatan bisa berkumpul kembali lewat kegiatan HKN yang ke-58 ini,"ucap Hamim.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir menyampailan hingga bulan November ini tingkat angka kematian ibu mengalami penurunan. Hal ini dibuktikan dari tahun ke tahun angka ini diupayakan untuk turun.

“Alhamdulillah tahun 2021 dari 7 orang kasus kematian ibu, tahun ini hanya 5 orang. Kita berharap mudah-mudahan sampai akhir tahun bertahan di 5 orang,” terang Meyrin danIa juga berharap untuk kematian bayi, anak, dan stunting dari tahun ke tahun bisa mengalami penurunan.

Pantauan di lokasi pencanangan HKN sendiri diawali dengan jalan sehat yang mengambil start di kawasan Matobonebol dan finish di Kantor Dinas Kesehatan setempat dengan melibatkan seluruh Puskesmas, dua rumah sakit, dan organisasi profesi.
Rangkaian kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 sampai 12 November 2022 dengan berbagai lomba seperti lomba kesenian hingga lomba olahraga.

Turut hadir dalam pencanangan tersebut, Wakil Bupati Merlan S. Uloli, Ketua DPRD Halid Tangahu, Sekda Ishak Ntoma, Ketua TP. PKK Lolly Pou Junus, para Asisten, dan pimpinan OPD.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)