Astaga! Tebing Setinggi 10 Meter Ambrol Timbun Rumah Warga di Sindangbarang Cianjur

Minggu, 06 November 2022 - 16:23 WIB
loading...
Astaga! Tebing Setinggi 10 Meter Ambrol Timbun Rumah Warga di Sindangbarang Cianjur
Tebing setinggi 10 meter ambrol dan menimbun satu unit rumah warga, Minggu (6/11/2022). SINDOnews/Ricky
A A A
CIANJUR - Tebing setinggi 10 meter ambrol dan menimbun satu unit rumah warga, Minggu (6/11/2022). Peristiwa nahas itu terjadi di Kampung Bojonggede RT 01/02, Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur .

Ambrolnya tebing yang merusak rumah milik Iki (33) itu terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan itu sejak malam tadi.

Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam bencana itu. Namun, kerugian materil mencapai puluhan juta rupiah.

Ketua RT setempat, Iskandar (50) mengatakan tebing setinggi 10 meter yang berada tepat di belakang permukiman warga ambrol dan merusak satu unit rumah warga.

Selain merusak satu rumah, kata Iskandar, sebanyak delapan rumah milik warga lainnya terancam.

"Beruntung saat kejadian pemilik sedang beraktivitas di luar rumah. Tebing setinggi 10 meter tersebut, ambrol dan merusak satu rumah warga. Karena tingginya curah hujan yang terjadi," kata Iskandar, Minggu (6/11/2022).

Iskandar menyebutkan, rumah yang terdampak mengalami rusak pada bagian dapur, kamar belakang dan kamar mandinya.

"Aparat desa dibantu warga sekitar bergotong royong untuk membersihkan material longsoran berupa tanah dan bebatuan," jelasnya.

Iskandar menambahkan, pemilik rumah yang terdampak dan terancam longsor diimbau untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Sudah kita imbau, tapi pemilik rumah masih tetap akan bertahan dengan menempati bagian tengah dan depan rumahnya," ujarnya.

Baca: Geger, Buaya 1,5 Meter Berkeliaran di Permukiman Warga di Muarojambi.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Labis Wibowo, mengungkapkan telah menerjunkan dan menyiagakan personel untuk melakukan penanganan dan assessment.

Baca Juga: Banjir Rendam 12 Kecamatan di Aceh Tamiang, 23.380 Warga Mengungsi.

"Laporan sementara tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, personel di lapangan masih melakukan penanganan. Untuk perkembangannya akan kita update dan terus laporkan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)