Santri Dukung Ganjar Banten Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Doa Bersama untuk Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 - 09:56 WIB
loading...
Santri Dukung Ganjar Banten Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Doa Bersama untuk Indonesia
Santri Dukung Ganjar (SDG) Provinsi Banten menggelar doa bersama untuk Indonesia di lapangan Penziarahan Kapal Bosok, Curugmanis, Kota Serang, Banten, Sabtu (29/10/2022).
A A A
SERANG - Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Santri Dukung Ganjar (SDG) Provinsi Banten menggelar doa bersama untuk Indonesia di lapangan Penziarahan Kapal Bosok, Curugmanis, Kota Serang, Banten, Sabtu (29/10/2022).

"Kita bersama sekitar 1.000 santri menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Doa Bersama Untuk Indonesia, khususnya untuk Pak Ganjar Pranowo sebagai calon pemimpin Indonesia di 2024. Selain itu kita juga menyelenggarakan haul untuk Tuan Syekh Abdul Qodir Jailani," ujar H. Ahmad Yury Alam, Dewan Pembina SDG Provinsi Banten.

Yury mengaku, ada respon positif didapatkan relawan SDG selama proses sosialisasi dan tidak menemukan kendala berarti dalam mengajak para santri di setiap kegiatan SDG maupun memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo secara langsung.

"Alhamdullilah saya bersyukur kiai, ulama dan santri di Provinsi Serang menyambut baik kedatangan kami. Ini karena sosok Pak Ganjar yang dikenal suka bersilaturahmi kepada pemuka agama dan para santri," jelas Yury.

Baca juga: Di Aceh, Bayi 2 Tahun Meninggal karena Gagal Ginjal Akut

Berdasarkan data Education Management and Information System (EMIS) Kementerian Agama, jumlah pondok pesantren di Banten dalam tiga tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Tahun 2018 sekitar 4.000 pesantren, tahun 2021 per Oktober mencapai 6.032 pesantren, terdiri atas 3.972 salafiyah (kitab) dan 2.060 modern (kitab dan satuan pendidikan). Adapun jumlah santrinya mencapai 483.915, yaitu 429.550 santri mukim dan 54.365 tidak mukim.

"Pondok pesantren berkembang di Banten karena kebutuhan masyarakat akan pendidikan agama Islam dan lembaga pendidikan yang memadukan pendidikan agama dan pengetahuan umum. Ini menjadi modal kuat bagi kami para relawan untuk terus mengenalkan Pak Ganjar dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang bisa memberdayakan para santri untuk berkembang," tambah Yury.

Lebih lanjut, Yury menjelaskan, SDG Provinsi Banten akan terus berupaya untuk mengkolaborasikan program-program unggulan Ganjar di Jawa Tengah ke dalam kegiatan para santri melalui relawan SDG tersebut.

"Kita akan terus melakukan kegiatan kanvasing di pondok pesantren dengan pendekatan programnya Pak Ganjar di Jawa Tengah, salah satunya mungkin program Lapak Ganjar. Dengan program tersebut diharapkan akan mewujudkan santri yang mandiri secara ekonomi mendorong untuk banyak santri untuk terujun menggeluti profesi sebagai wirausaha muda," ungkapnya.

Yury yakin dukungan terhadap Ganjar Pranowo di Provinsi Banten semakin kuat dan santri Provinsi Banten berpihak pada sosok kepemimpinan Ganjar Pranowo.

"Prosesnya sudah lebih dari 50% dukungan dari para santri. Seiring dengan berjalannya waktu akan terus bertambah dan semakin kuat. Kita optimis Pak Ganjar bisa memenangkan Pilpres dari kalangan santri di Banten," ujarnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2829 seconds (0.1#10.140)