Santri Berperan Membawa Semangat Sumpah Pemuda Jaga NKRI

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 21:46 WIB
loading...
A A A


Untuk itu, dalam kesempatan yang sama. Gus Iim menyebut promosi akan nilai toleransi menjadi hal penting untuk dikampanyekan kepada para pemuda. Sebab, Indonesia ini adalah negeri yang punya ideologi yang hasil rumusan para leluhur bangsa yaitu Pancasila, dan kesepakatan bersama yang telah dibuat parafounding fathersatau para pendiri bangsa ini mengenai pentingnya menjaga keutuhan dan persatuan bangsa dengan merawat toleransi.

“Khawatirnya sangat disayangkan anak muda ini kalau sampai terjebak oleh iming-iming, apakah iming-iming ideologi, iming-iming ekonomi, bahkan iming-iming politik dan segala macam. Jadi penanaman nilai-nilai toleransi untuk menjaga persatuan antar anak atau seluruh warga bangsa ini perlu dilakukan dan ditanamkan kepada para generasi muda ini," ujarnya.

Dia kembali menegaskan, pemuda khusunya santri harus dapat menunjukkan upaya kongkritnya dalam melawan radikalisme, yang dapat merusak persatuan bangsa .

“Jadi generasi muda juga harus cerdas dan cermat untuk mewaspadai apa apa yang dikemas itu yang seolah-olah itu benar. Padahal itu adalah kemas bungkusan yang dibuat buat untuk mengelabuhi generasi muda saja,” kata cicit dari pendiri Nahlatul Ulama (NU), KH. Hasyim Asy’ari ini.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)