5 Raja Majapahit yang Paling Lama Berkuasa, Nomor 2 Alami Zaman Keemasan

Rabu, 26 Oktober 2022 - 14:16 WIB
loading...
5 Raja Majapahit yang Paling Lama Berkuasa, Nomor 2 Alami Zaman Keemasan
Kerajaan Majapahit memiliki sejarah panjang sebagai salah satu kerajaan besar di zamannya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kerajaan Majapahit memiliki sejarah panjang sebagai salah satu kerajaan besar di zamannya. Singkat cerita, kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya yang menjadi raja pertamanya.

Dalam riwayatnya, Majapahit telah dipimpin oleh banyak raja yang berbeda-beda. Sebagian di antaranya tercatat berkuasa paling lama. Siapa sajakah mereka?

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Dilansir dari pemberitaan MPI, berikut beberapa raja Majapahit yang paling lama berkuasa.

1. Wikramawardhana

Dari sekian banyak raja di Kerajaan Majapahit dari masa ke masa, Wikramawardhana menjadi yang paling lama berkuasa. Dia memimpin Majapahit sejak 1389 hingga 1429 M atau sekitar 40 tahun lamanya.

Untuk diketahui, Wikramawardhana merupakan menantu dari Hayam Wuruk yang menjadi penerus kerajaan Majapahit. Dia memerintah sampai meninggal di 1335 saka atau tahun 1429.

2. Hayam Wuruk

Berikutnya ada Hayam Wuruk. Dia tercatat pernah berkuasa di Kerajaan Majapahit sejak 1350 hingga 1389 atau sekitar 39 tahun lamanya.

Di masa kepemimpinan Hayam Wuruk, Majapahit mengalami zaman keemasannya. Hal ini tentu saja tak luput dari kontribusi sang Mahapatih Gajah Mada.

Tak hanya wilayahnya yang semakin luas, mereka juga memiliki armada laut yang kuat serta ekonomi yang cukup berpengaruh di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga : Penampakan Petirtaan Kerajaan Majapahit Bikin Warga Gresik Gempar

3. Tribhuwana Tunggadewi

Tribhuwana Tunggadewi atau Dyah Gitarja merupakan putri dari Raden Wijaya dan Gayatri. Dia menjadi pemimpin Majapahit sejak 1328 hingga 1350 atau sekitar 22 tahun lamanya.

4. Sri Jayanegara

Sri Jayanegara merupakan putra Raden Wijaya atau biasa dikenal dengan Raja kedua di Majapahit. Tercatat, dia memerintah sejak tahun 1309 hingga 1328 atau sekitar 19 tahun.

Selama menjadi raja, Kalagemet memiliki banyak pengawal yang cukup tangguh. Di antaranya adalah Gajah Mada yang kelak menjadi Mahapatih di era Hayam Wuruk.

5. Dyah Ayu Kencana Wungu

Berikutnya ada Dyah Ayu Kencana Wungu. Tercatat dia memerintah Kerajaan Majapahit selama 18 tahun, yakni sejak 1429 hingga 1447.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)