Pesona Desa Jadi Wadah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Senin, 06 Juli 2020 - 16:29 WIB
loading...
Pesona Desa Jadi Wadah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Inisiator Pesona Desa, Achmad Amir Aslichin (kiri) menyebut, Pesona Desa, harus bisa bermanfaat bagi masyarakat desa. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SIDOARJO - Sidoarjo menjadi kabupaten yang memiliki peranan penting di Jawa Timur (Jatim). Dengan jumlah desa sebanyak 322 yang tersebar 18 kecamatan, Kota Delta ini mempunyai beragam potensi yang bisa dikembangkan.

Jika didampingi dengan tepat maka potensi tersebut bisa menjadikan masyarakat desanya sejahtera. (Baca juga: Pasangan Pengantin di Sidoarjo Menikah Saat Wabah Covid-19, Begini Suasananya )

Dari situlah sejumlah ide anak muda muncul. Bagaimana cara mengembangkan potensi desa yang bisa bermanfaat untuk masyarakatnya. Nah, “Pesona Desa” jadi wadahnya. Pesona Desa yang mendapat apresiasi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar itu dirancang untuk memberikan motivasi kepada masyarakat desa.

Direktur Pesona Desa Ulul Azmi mengatakan, Pesona Desa dibentuk untuk kesejahteraan masyarakat desa. Karena itu, setiap blusukan ke desa, tim dari Pesona Desa akan memberikan solusi terbaik terhadap setiap permasalahan yang ada di desa. “Pesona Desa ingin menjadi wadah bagi masyarakat desa untuk bangkit,” kata dia, Senin (6/7/2020).

Ulul yang juga menjadi Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Sidoarjo tersebut mengungkapkan, Pesona Desa memiliki portal website yang bisa dikunjungi semua masyarakat. Namun, tidak hanya media saja tetapi Pesona Desa juga memfasilitasi kreativitas masyarakat desa. “Agar kreativitas itu dikenal kalangan publik,” ujar dia.

Menurut dia, kegiatan konsultasi yang dilakukan bersama tim Pesona Desa sampai pada pembinaan. Mulai dari kreativitas, inovasi sampai desa mandiri. Pesona Desa menyasar sejumlah bidang untuk dikembangkan. Misalnya, produk unggulan desa (prukades), BUMDes, sejarah, wisata maupun problem pemdes.

Tim Pesona Desa juga membantu marketing prukades. Dikarenakan pemasaran menjadi salah satu permasalahan penjualan produk di desa. “Melalui Pesona Desa kita fokus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” kata dia.

Inisiator Pesona Desa, Achmad Amir Aslichin, berharap, Pesona Desa bisa bermanfaat untuk masyarakat desa. Dia memiliki inisiatif untuk ikut andil mempromosikan potensi desa yang bisa jadi ikon untuk peningkatan perekonomian. "Bersama dengan teman-teman yang peduli terhadap desa, saya ingin Pesona Desa digunakan sebagai media informasi untuk pemerintahan desa (pemdes) dan seluruh warga desa. Serta menjadikan media promosi yang tepat untuk mengangkat potensi desa," kata dia.

Melalui Pesona Desa, anggota DPRD Jatim itu ingin memberikan layanan konsultasi untuk membantu permasalahan yang ada di Pemdes. “Pesona Desa harus bermanfaat bagi masyarakat desa dan Sidoarjo pada umumnya,” ucap mantan anggota DPRD Sidoarjo dua periode itu.

Dia mengungkapkan, Pesona Desa digagas pada 2019 dan di-launching pada Januari 2020. Pesona Desa, kata dia, harus bisa bermanfaat bagi masyarakat desa. Potensi yang ada di desa harus digali. Masyarakatnya harus berkembang dengan potensi tersebut. “Kami akan berupaya untuk membantu mempromosikan,” kata pria yang pernah menjadi Ketua Fraksi PKB di DPRD Sidoarjo selama dua periode tersebut.

Menurut dia, banyak permasalahan di desa yang butuh pendampingan. Termasuk permasalahan di Pemdes dan bagaimana caranya meningkatkan SDM semua pegiat dan penyelenggara di pemdes. Selain itu, juga untuk memajukan BUMDes agar perekonomian masyarakat desa meningkat. “Peluang-peluang yang merupakan potensi itu harus dimanfaatkan dengan baik. Sidoarjo bisa maju jika desanya inovatif dan berkembang,” kata dia.

Politikus yang kerap disapa Mas Iin ini mengatakan, koordinasi dengan pihak desa selalu dilakukan. Masalah di desa, harus dicarikan jalan keluar. Problem solving tersebut akan membuat desa bisa maju pesat. “Masyarakat desa ikut andil untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian Sidoarjo,” pungkas dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)