Pengamat Ekonomi Puji Kepiawaian Jokowi Tekan Dampak Krisis Ekonomi

Rabu, 19 Oktober 2022 - 15:19 WIB
loading...
Pengamat Ekonomi Puji Kepiawaian Jokowi Tekan Dampak Krisis Ekonomi
Pengamat Ekonomi Universitas Jambi, Drs Junaidi memuji kepiawaian Presiden Joko Widodo dalam menentukan jenis bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat. (Ist)
A A A
JAMBI - Pengamat Ekonomi Universitas Jambi, Drs Junaidi memuji kepiawaian Presiden Joko Widodo dalam menentukan jenis bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat. Menurutnya Jokowi paham kebutuhan masing-masing lapisan masyarakat.

Junaidi menjelaskan ada dua jenis lapisan masyarakat yang tersasar bansos dari Jokowi. Yang pertama, kata Junaidi, adalah jenis kategori masyarakat menengah dan yang kedua masyarakat kelas bawah.

Bagi masyarakat kelas bawah, Junaidi melihat langkah Jokowi sudah sangat tepat karena merealisasikan bantuan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan sembako. Sebab secara teori, masyarakat kelas bawah butuh ekonominya tetap stabil.

“Ini bantuan-bantuan yang diberikan Pemerintahan Jokowi ini sudah cukup efektif, karena jenisnya sudah ada dalam bentuk tunai maupun bentuk natura, sembako dan lainnya,” ujar Junaidi.

Junaidi menerangkan lain halnya dengan realisasi bantuan untuk masyarakat kelas menengah. Pada segmen tersebut, Presiden Jokowi memberikan bantuan berupa usaha yang berkelanjutan.

Baca: RSHS Rawat 12 Pasien Gangguan Ginjal Akut, Beberapa Sembuh dan Meninggal Dunia.

Menurut Junaidi keputusan Jokowi memberikan bantuan berupa usaha produktif kepada masyarakat menengah sudah sangat tepat. Sebab dengan langkah tersebut bakal mampu memaksimalkan usaha yang mereka miliki.

“Secara teori untuk lapisan yang berada menengah artinya yang sudah mendekati garis kemiskinan, bantuan yang dibutuhkan mereka itu bantuan untuk usaha produktif. Ini juga di program Pemerintahan Jokowi sudah ada,” pungkasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2090 seconds (11.97#12.26)