Anak Muda Papua Berbagi Kisah Inspiratif Bangun Indonesia

Selasa, 18 Oktober 2022 - 22:23 WIB
loading...
A A A
Jeni menyampaikan bahwa tanpa sosial media, orang tidak peduli apakah itu pengusaha ataupun politisi, orang juga tidak akan tahu. Karena itu, penting untuk kita menyampaikannya pada dunia akan usaha dan prestasi.

“Tidak semua orang lahir dengan sebuah privilege. Tapi semua orang bisa memulai dari hal sederhana yang perlahan-lahan menggelinding menjadi besar", tandasnya.

Tokoh muda Papua dan penulis buku “Kita Semua Ingin Hidup Damai", Steve Mara menjelaskan salah satu hal terpenting dalam mencapai perdamaian adalah komunikasi yang baik.

“Ketika kita membangun komunikasi yang baik dengan orang lain, ini akan mempersempit peluang terjadinya konflik,” ujar Steve Mara.

Ia menyampaikan bahwa komunikasi strategis sangat penting untuk dilakukan dan dimiliki oleh generasi muda. Ia menekankan perlu diciptakannya komunikasi serta dialog dimana semua pihak saling menghargai.

“Teman-teman dari Timur itu juga punya mimpi yang besar untuk membangun Indonesia,” ujar Steve.

Sementara itu, Paskalis Kaipman yang merupakan anak petani Boven Digoel menceritakan kisahnya yang memiliki latar belakang hidup keras dan penuh perjuangan, serta berkat kegigihan dan kerja kerasnya.

Namun atas perjuangannya, Paskalis berhasil meraih beasiswa bidikmisi untuk menyelesaikan S1-nya, kemudian memperoleh beasiswa LPDP untuk kuliah di American University jurusan kebijakan pendidikan dan kepemimpinan.

“Kita tidak bisa tinggal saja menunggu peluang itu datang kepada kita. Tetapi sebagai anak muda kita harus kreatif. Kita harus mencari informasi. Kita harus berusaha untuk menjemput bola untuk meraih cita-cita," ujarnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)