Seniman Surabaya Arak Peti Mati ke DPRD dan Pemkot Surabaya

Senin, 06 Juli 2020 - 10:39 WIB
loading...
Seniman Surabaya Arak Peti Mati ke DPRD dan Pemkot Surabaya
Para pelaku seni mengirim dua peti jenazah ke kantor DPRD Kota Surabaya, dan Pemkot Surabaya, Minggu (5/7/2020). Foto/SINDOews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Puluhan seniman Surabaya mengirim dua peti jenazah ke DPRD Kota Surabaya, dan Pemkot Surabaya. Pengiriman dua peti jenazah tersebut diarak ramai-ramai dari Balai Pemuda dan diiringi gamelan reog.

(Baca juga: Polres Blitar Kota Gulung Pengedar Sabu Jaringan Pengusaha )

Tim kreator, Selamet Gaprak mengatakan, dikirimnya peti jenazah tersebut sebagai aksi keprihatinan atas terpuruknya para pelaku seni dan budaya di kota pahlawan di tengah pandemi COVID-19.

"Pelaku seni di Surabaya ini bahkan sudah mati sebelum pandemi ini menyerang Surabaya," katanya. (Baca juga: RS Simpang, Perjalanan Penuh Wabah dan Penampung Korban Perang )

Seniman Surabaya Arak Peti Mati ke DPRD dan Pemkot Surabaya


Menurut Slamet, kurang adanya keberpihakan Pemkot Surabaya terhadap kesenian, menjadikan para pelaku seni kian terjepit ditengah pesatnya roda pembangunan kota. Indahnya taman kota tak seindah alunan tradisi para generasi, padahal tak sedikit tokoh dan budayawan lahir dari kota Surabaya.

"Sepertinya Pemkot Surabaya tidak ada kebedulian untuk kesenian. Mungkin juga mengebiri seni di Surabaya," ujarnya. (Baca juga: Kapal Perang Koarmada II Lakukan Manuver di Perairan Laut Jawa )

Seniman berharap, Pemkot Surabaya lebih peka dalam membangun sebuah kota. Karena kesenian sendiri merupakan ruh sebuah kota. Jika kota itu kalau dibangun tanpa satu ruh, maka akan menjadi satu kota yang sangat artifisial, hanya pembangunan fisik. Sedangkan manusianya jadi tidak terbangun.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)