Gubernur Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:06 WIB
loading...
Gubernur Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau
Gubernur Sugianto Sabran buka pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (13/10/2022)
A A A
PULANG PISAU - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran membuka Pasar Penyeimbang yang berlokasi di Masjid Al-Jabir Desa Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (13/10/2022). Pasar Penyeimbang tampak disambut sangat antusias warga Pulang Pisau. Mereka memadati Pasar Penyeimbang sejak pagi.

Gubernur Sugianto mengatakan 'Pasar Penyeimbang' digelar guna penanganan inflasi di Kalteng. Gubernur juga mengatakan bahwa inflasi ini terjadi di setiap kabupaten dan juga daerah lainnya se-Indonesia.

“Tahun 2023 kita akan membuat pabrik beras di Pulang Pisau untuk menjadi daerah penyangga pangan Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Sugianto juga mengajak masyarakat untuk bertani agar inflasi ini bisa ditekan. “Saya juga meminta kepada Bupati Pulang Pisau untuk diperkuat lagi di ketahanan pangannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan bahwa Pemprov Kalteng bersama pemerintah kabupaten/kota dan unsur Forkopimda sedang gencar melakukan kegiatan untuk mengendalikan inflasi ini. “Harapannya inflasi kita khususnya pangan kita bisa terkendali dengan baik,” kata wagub.

Usai membuka Pasar Penyeimbang, Gubernur Kalteng mengingatkan agar masyarakat Kalteng tidak lengah di situasi inflasi seperti ini, sebab Kalteng sedang bersaing membangun daerah dengan provinsi lainnya.

“Pemerintah juga akan turun tangan supaya Kalteng punya ketahanan pangan sendiri ke depannya,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan BLT Bahan Bakar Minyak (BBM) senilai Rp1,2 miliar kepada nelayan pembudidaya ikan dan pengola ikan Kabupaten Pulang Pisau.

Sebagai informasi, pada Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau ini disediakan 3.000 paket bahan pokok, di mana di Stadion HM Sanusi disediakan 2.000 paket dan di Masjid Al-Jabir Desa Jabiren sebanyak 1.000 paket, yang dijual seharga Rp150 ribu.

Namun Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar Rp100 ribu per paket, dan anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran selanjutnya memberikan subsidi Rp50 ribu per paket, sehingga warga setempat memperoleh paket sembako secara gratis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)