Diguyur Hujan 2 Jam, Jalan Utama di Desa Mekarbuana Karawang Ambles

Rabu, 12 Oktober 2022 - 12:19 WIB
loading...
Diguyur Hujan 2 Jam, Jalan Utama di Desa Mekarbuana Karawang Ambles
Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang diterjang longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi selama dua jam. Tak hanya diterjang longsor, sejumlah jalan utama desa juga ambles. Foto SINDOnews
A A A
KARAWANG - Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang diterjang longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi selama dua jam. Tak hanya diterjang longsor, sejumlah jalan utama desa juga ambles dan terbelah. Warga kesulitan untuk keluar desa karena akses jalan sulit dilalui.



Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Desa Mekarbuana pada Selasa (11/10/2022) sore hingga menjelang malam. Akibat curah hujan tinggi terjadi pergerakan tanah yang mengakibatkan longsor dan jalan terbelah.

"Hujan turun sekitar 2 jam. Namun karena intensitas hujan tinggi, terjadi pergerakan tanah mengakibatkan longsor," kata Yasin Nasrudin, Rabu (12/10/22). Baca Juga: Jalan Raya Gubeng Ambles, Gubernur Soekarwo Turun ke Lapangan

Menurut Yasin, akibat tanah longsor menutupi jalan, warga kesulitan keluar dari desa. Pihaknya segera menerjunkan tim BPBD untuk membersihkan material longsor yang menutupi jalan. "Petugas pemadam kebakaran juga kita terjunkan untuk membersihkan lumpur. Lumpur membuat jalan menjadi licin dan susah dilalui,"

Yasin mengatakan, jalan ambles hingga sedalam 1 meter dengan panjang 30 meter dan lebar 4 meter. Pembersihan lumpur memakan waktu hingga 8 jam mulai pukul 19.30 WIB hingga pukul 3.00 WIB dini hari.

"Cukup lama proses pembersihan lumpur karena cukup tebal dan luas. Namun kami harus bersihkan hingga selesai karena akse jalan harus segera dibuka," katanya.

Menurut Yasin tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Hanya saja ada satu warung yang rusak akibat terjangan tanah longsor. Pihaknya sudah memberikan asesment kepada pemilik warung. "Kami memberikan asesment untuk warga sekitar," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3492 seconds (0.1#10.140)