Cuaca Ekstrem, Ridwan Kamil Instruksikan BPBD Jabar Siaga 1 Bencana

Senin, 10 Oktober 2022 - 23:47 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem, Ridwan Kamil Instruksikan BPBD Jabar Siaga 1 Bencana
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menginstruksikan BPBD Jabar siaga 1 bencana. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar siaga 1 dalam mengantisipasi potensi bencana alam akibat cuaca ekstrem.

Menurut Ridwan Kamil, cuaca ekstrem memang tidak hanya melanda Jabar, namun juga terjadi di Pulau Jawa umumnya, Sumatera, hingga Sulawesi. Oleh karenanya, peran BPBD dan perangkat-perangkat terkait dalam penanggulangan kebencanaan sangat dibutuhkan.

"Oleh karena itu, BPBD dan perangkat-perangkat yang terkait dengan kebencanaan sudah di-briefing untuk siaga 1 setiap hari," tegas Ridwan Kamil di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (10/10/2022).



Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem menjelang akhir tahun ini.

"Kami berharap tidak banyak kondisi kebencanaan dan korban yang terkait kebencaanaan, makanya tolong waspada," imbaunya.



Lebih lanjut Kang Emil memprediksi bahwa potensi bencana banjir terjadi di wilayah Jabar tengah ke utara, sedangkan bencana longsor di wilayah Jabar tengah ke selatan.

"Kalau daerah Jabar tengah ke utara potensi banjir tinggi. Kalau dari daerah Jabar ke selatan potensi longsor yang tinggi kan kita pernah kejadian. Desa-desa di Jabar tengah ke selatan mengalami longsor dan menimbulkan korban jiwa," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)