Dampak Cuaca Ekstrem, Juli sampai September Ratusan Pohon di Bandung Bertumbangan

Senin, 10 Oktober 2022 - 11:23 WIB
loading...
Dampak Cuaca Ekstrem,  Juli sampai September Ratusan Pohon di Bandung Bertumbangan
Selama Juli hingga September 2022, puluhan pohon di Kota Bandung tumbang dan patah dahan.Foto/dok
A A A
BANDUNG - Sepanjang Juli hingga September 2022, ratusan pohon tumbang , patah dahan, dan lainnya di Kota Bandung . Jumlah kasus ini terjadi mayoritas saat cuaca ekstrem.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mencatat, peristiwa pohon tumbang dan patah sepanjang triwulan III 2022 sebanyak 217 kejadian. Dari jumlah itu, peristiwa pohon tumbang sebanyak 108 kejadian dan pohon patah dahan sebanyak 109 kejadian.

Beberapa lokasi yang terdampak bencana terbanyak berada di Kecamatan Bandung Wetan 25 kejadian, Cicendo, Sumur Bandung, Coblong masing-masing 18 kejadian. Lengkong 16 kejadian, dan Cidadap sebanyak 10 kejadian.

Baca juga: 2 Rumah di Nagrak Sukabumi Rusak Akibat Gempa Banten, 7 Orang Mengungsi

"Jenis pohon yang paling banyak tumbang atau patah di antaranya mahoni, kersen, angsana, beringin, dan ki acret," kata Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung Roslina.

Berdasarkan kejadian tersebut, dia menambahkan, klaim asuransi yang telah ditindaklanjuti sampai triwulan III 2022 sebanyak 28 kasus. Jumlah tersebut didominasi oleh kendaraan roda empat. Namun, klaim ini hanya untuk kejadian dari pohon yang berada di lahan publik bukan privat.

"Beberapa faktor penyebab pohon tumbang atau jadi rawan tumbang adalah faktor alam, seperti cuaca ekstrem, pohon tua dan keropos. Faktor manusia juga ada, seperti tertabrak kendaraan, bekas galian proyek, pembakaran, drainase dan lainnya," ungkapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)