Mulai Hari Ini Belasan Ribu Peserta Ikut UTBK di Bandung

Minggu, 05 Juli 2020 - 10:43 WIB
loading...
Mulai Hari Ini Belasan Ribu Peserta Ikut UTBK di Bandung
Ketua Pelaksana Pusat UTBK ITB Jaka Sembiring. Foto/Tangkapan Layar Video Konpres UTBK
A A A
BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mulai hari ini hingga 12 hari kedepan menggelar ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di berbagai wilayah di Kota Bandung dan Jawa Barat. Belasan ribu peserta dari berbagai daerah di Indonesia tercatat mengikuti ujian ini.

UTBK merupakan tes yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bagi calon mahasiswa. Hasil tes UTBK nantinya akan menjadi prasyarat bagi calon mahasiswa mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Pada tahun ini, sebanyak 16.648 peserta tercatat akan mengikuti pelaksanaan UTBK ITB. Dengan rincian 14.419 peserta umum dan 2.229 peserta Kartu Indonesia Pinter (KIP) Kuliah. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu yang digelar dua kali.

Ketua Pelaksana Pusat UTBK ITB Jaka Sembiring mengatakan, dalam UTBK 2020, ITB menjadi salah satu pusat pelaksana yang disebar di enam lokasi. Yaitu, Kampus ITB, Jalan Ganesha; SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, dan SMAN 5 Bandung.

UTBK 2020 di pusat UTBK ITB akan dilaksanakan selama 12 hari, yaitu tanggal 5-14 Juli dan tanggal 20-21 Juli. Pelaksanaannya akan dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan sesi kedua akan dimulai pukul 14.00 WIB.

"Satu hari hanya ada satu materi yang akan diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik. TPS merupakan sebuah tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK 2020 dalam bidang logika, analisis, dan lainnya. Seperti penalaran umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif," kata Jaka, Minggu (5/7/2020).

Sementara itu, UTBK yang digelar UPI diikuti sebanyak 15.249 peserta. Pelaksanaan Tes dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap I pada 5 hingga 14 Juli 2020. Tahap II pada tanggal 20 hingga 29 Juli 2020. Dalam satu hari, UTBK akan digelar dua kali.

Direktorat Akademik UPI Asep Supriatna, UTBK UPI digelar di tujuh titik. Yaitu di kampus UPI Jalan Setiabudi, Polteknik Negeri Bandung (Polban), Polteknik Negeri Pos Indonesia (Poltekpos), Kampus UPI Cibiru, Kampus UPI Sumedang, dan Kampus UPI Purwakarta.

"Jumlah komputer yang tersedia untuk pelaksanaan UTBK di Kampus UPI UPU dan mitra perguruan tinggi di Politenik Negeri Bandung dan Politeknis Pos Indonesia sebanyak 1.600 komputer. Sedangkan jumlah komputer yang digunakan untuk UTBK sebanyak 790 komputer," ujar Asep.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4179 seconds (0.1#10.140)