Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Siswa SMA Khadijah Praktik Bisnis Kuliner

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 00:05 WIB
loading...
Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Siswa SMA Khadijah Praktik Bisnis Kuliner
Kegiatan praktik mengelola bisnis kuliner siswa-siswi klas XII SMA Khadijah Surabaya yang dikemas dalam Entrepreneurship Challenges 2022.Foto/ist
A A A
SURABAYA - SMA Khadijah memberikan bekal kewirausahaan kapada siswa-siswinya dengan mengadakan lomba Entrepreneurship Challenges 2022, Kamis (6/10/2022).

Lomba ini diikuti seluruh siswa kelas XII yang terbagi menjadi 12 kelompok. Mereka diharuskan membuat proyek bisnis dari perencanaan, penjualan hingga pencatatan keuangannya.

Masing-masing kelompok juga harus membuat struktur organisasi atau perusahaan. Ada yang menjadi pimpinan usaha, bagian keuangan, marketing serta produksi.

“Pada kegiatan Entrepreneurship Challenges 2022 para siswa dididik untuk mempraktikkan langsung menjadi pengusaha,” kata Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU), Rina Indrawati, Jumat (7/10/2022).

Baca juga: Polisi Periksa 3 Saksi Tragedi Kanjuruhan, Salah Satunya Sekretaris Umum Arema FC

Menurutnya, para siswa menjual semua produk-produk yang dibuat yaitu makanan khas daerah, makanan internasional dan makanan menu sehat. Adapun seluruh siswa dan guru menjadi pembeli.

Rina menjelaskan, PKWU adalah mata pelajaran wajib B yang harus ditempuh siswa SMA Khadijah. “Khusus di kelas XII, Entrepreneurship Challenges 2022 masuk penilaian ujian praktik PKWU,” kata Rina

Sementara itu, seluruh siswa kelas XII juga harus mempresentasikan produk-produk perusahaan kuliner mereka.Siswa kelas XII MIPA 4, Tara Aulia mengaku senang bisa mempraktikkan pelajaran PKWU secara langsung.

Kelompoknya memberi nama Lezato Resto menjual berbagai macam makanan mulai bakpao rica-rica, kue canai rendang dan gado-gado.

“Kelompok kami menjual makanan tradisional khas daerah, makanan internasional dan lokal. Capek sih, tapi seru dan bisa menjadi pengalaman,” kata siswa XII MIPA 4 ini
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1356 seconds (10.55#12.26)