Kenalkan Potensi Wisata Laut, Wali Kota Berharap Sail Tidore 2022 Dibuka Presiden

Kamis, 29 September 2022 - 21:57 WIB
loading...
Kenalkan Potensi Wisata Laut, Wali Kota Berharap Sail Tidore 2022 Dibuka Presiden
Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim saat mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke UKM Mart di Kelurahan Sofifi, Oba Utara. Foto/Ist
A A A
TIDORE - Puncak Sail Tidore yang digelar November 2022 mendatang mengundang Presiden Jokowi untuk membuka kegiatan mengenalkan potensi wisata laut Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim menyampaikan, pihaknya secara khusus meminta Presiden Joko Widodo untuk hadir dan membuka acara.

Baca juga: Ke Maluku Utara, Presiden Jokowi Terima Gelar Adat hingga Bagikan BLT

Hal itu disampaikan Ali Ibrahim di sela kunjungan Presiden Jokowi ke UKM Mart di Kelurahan Sofifi, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Rabu (28/9/2022).

"Saya dan Pak Gubernur KH Abdul Gani Kasuba menyampaikan dengan hormat ke Pak Presiden untuk mohon kesediaan menghadiri dan membuka acara puncak Sail Tidore pada 26 November 2022," ujar Ali, Kamis (29/9/2022).

Selain menyukseskan Sail Tidore, Pemkot Tidore Kepulauan juga tengah gencar mempromosikan wisata bahari dan rencana pembangunan Museum Bawah Laut.

Ali Ibrahim mengungkapkan, pihaknya sedang terus mengkaji dan mempersiapkan potensi wisata Museum Bawah Laut dari Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT).

Baca juga: Jokowi Instruksikan Pemerintah Pusat dan Daerah Kompak Atasi Kemiskinan Ekstrem

Dulu di Perairan Tidore tersebut terdapat meriam portugis buatan Macao yang diproduksi oleh pembuat meriam Portugis terkenal bernama Manuel Tavare dan puluhan guci peninggalan Kapal Spanyol yang tenggelam abad ke-16.

"Meriam dan guci-guci ini, sudah diangkat ke daratan tahun 1990-an. Sayangnya, guci-guci tersebut kurang mendapat atensi dari wisatawan, terlebih disimpan begitu saja di gudang milik Pemkab Halmahera Tengah," sambungnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1976 seconds (10.177#12.26)