Inovasi Sikasep Membara Hantarkan Bupati Majalengka Raih KDI 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 14:23 WIB
loading...
Inovasi Sikasep Membara Hantarkan Bupati Majalengka Raih KDI 2022
Eman Suherman, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka mewakili Bupati Majalengka menerima penghargaan KDI 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia)
A A A
Bupati Majalengka Karna Sobahi meraih penghargaan dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Kesehatan. KDI merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia, yang memberikan ruang bagi kepada kepala daerah menuju kemajuan nasional.

Pada ajang KDI 2022 yang bertema Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong era Society 5.0, ini terdapat lima kategori penghargaan yakni Pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan. Kali ini, KDI 2022 diselenggarakan dari Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022) malam.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia, MNC Group yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif 2022. Kami meraih apresiasi untuk kategori Kesehatan. Terima kasih juga kepada Pemkot Semarang yang sudah menjadi tuan rumah ajang penghargaan KDI 2022," jelas Eman Suherman, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, yang mewakili Bupati Karna saat menerima penghargaan KDI 2022.

Penghargaan tersebut tidak lepas dari program inovatif yang dilakukan Bupati Karna, yakni Sikasep Membara (Aksi Keluarga Sehat Enyahkan Penyakit Menuju Masyarakat Bagja Raharja).

Sikasep Membara adalah salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Majalengka melalui Puskesmas Ligung. Inovasi ini dilakukan dalam rangka mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk mendeteksi dini penyakit yang diderita masyarakat. Inovasi ini di launching pada Juli 2022.

Sikasep Membara sendiri ditujukan untuk mendukung inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka yang bernama "Mekar Membara" dan “Puskesmas Nganjang Ka Imah" sekaligus mendukung pencapaian standar pelayanan bidang kesehatan.

Atas inovasi tersebut, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna mengapresiasi Bupati Majalengka dan para kepala daerah penerima KDI 2022.

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan jika masa Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

“Maka, dalam kondisi yang sangat penuh tantangan ini ketika kita menemukan ada Gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” kata Mendes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)