Kembangkan Batik Sasambo, Wali Kota Mataram Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 01:37 WIB
loading...
Kembangkan Batik Sasambo, Wali Kota Mataram Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022
Wali Kota Mataram Mohan Roliskana yang telah berhasil meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori Ekonomi yang digelar di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).
A A A
SEMARANG - Sebuah pencapaian luar biasa bagi Wali Kota Mataram Mohan Roliskana yang telah berhasil meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori Ekonomi yang digelar di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Mohan Roliskana menyampaikan ucapan terima kasih kepada MNC Group, MNC Portal dan Koran Sindo atas penghargaan yang telah diraihnya.

“Saya Mohan Roliskana, Wali Kota Mataram mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia, MNC Group yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif tahun 2022,” ujarnya.

Wali Kota Mohan menjelaskan inovasi yang diusungnya, yaitu produksi batik Sasambo melalui berbagai kegiatan. Salah satunya Fashion Show Sasambo Harum, lomba fashion show batik Sasambo (sasak, samawa, mbojo) yang mengangkat budaya serta kearifan lokal, sekaligus memperkenalkan hasil kreativitas para perajin di Mataram.

“Kegiatan ini adalah upaya Pemkot Mataram untuk memotivasi para perajin agar terus berinovasi, berkreasi dan berkarya dari berbagai kekayaan seni, budaya, dan kearifan lokal daerah,” tuturnya.

Bahkan, Wali Kota Mohan membuat kebijakan pejabat dan ASN di Kota Mataram untuk memakai batik Sasambo setiap Kamis. Ia juga ingin batik Sasambo digunakan pada kalangan pendidikan, baik guru maupun siswa yang disesuaikan dengan identitas masing-masing sekolah.

“Melalui kebijakan itu, peningkatan produksi Sasambo di Mataram, begitu pun dengan kualitasnya akan terus naik dan berdampak pada perputaran ekonomi bagi para perajin dan industri UMKM,” ucapnya.

Kembangkan Batik Sasambo, Wali Kota Mataram Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022


Kota Mataram juga berinovasi dengan membuat program Kampung Tanggap Inflasi. Inovasi ini adalah upaya pemerintah Kota Mataram dalam menekan laju inflasi, sehingga kondisi perekonomian daerah lebih stabil dan terkendali.

Di samping itu, program ini juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan ketahanan pangan di masyarakat melalui penerapan konsep kemandirian pangan di tingkat kelurahan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1417 seconds (11.252#12.26)