Selamat! Berkat Inovasi di Bidang Administrasi Kependudukan, Bupati Bengkalis Raih Penghargaan KDI 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 02:15 WIB
loading...
Selamat! Berkat Inovasi di Bidang Administrasi Kependudukan, Bupati Bengkalis Raih Penghargaan KDI 2022
Bustami Haye, Sekretaris Daerah Bengkalis mewakili Bupati Bengkalis usai menerima penghargaan KDI 2022 di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).
A A A
SEMARANG - Bupati Bengkalis menerima penghargaan bergengsi yakni penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022. Penghargaan diterima oleh Bustami Haye, Sekretaris Daerah Bengkalis, Provinsi Riau yang mewakili Bupati Bengkalis di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).

Dalam ajang ini Pemkab Bengkalis mendapatkan penghargaan untuk kategori Pelayanan Publik. Bustami Haye yang dijumpai usai menghadiri malam penghargaan KDI 2022 menyatakan rasa bangga atas apresiasi yang diberikan MNC Portal Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia, MNC Group yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif tahun 2022, “ katanya.

Untuk memberi pelayanan publik secara optimal, khususnya Pelayanan Administrasi Kependudukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis melakukan berbagai inovasi.

Sejumlah inovasi tersebut, di antaranya layanan Dukcapil JEBOL MASTER (Jemput Bola Secara Masif dan Terintegrasi). Layanan ini kemungkinan petugas datang melayani penduduk dimana saja sampai ke rumah-rumah terutama Lansia, Disabilitas, Warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan lainnya yang berkebutuhan khusus.

Selanjutnya ada layanan SIPINTER (Koordinasi Pencatatan Perkawinan Terintegrasi). Layanan ini memberikan kemudahan khususnya kepada pengantin baru dengan memberikan dokumen kependudukan secara langsung yaitu Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP-el) baru, ini diberikan kepada setiap pasangan yang baru menikah.

Selain itu layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Bengkalis juga memiliki layanan MOLDUK (Mobil Online Kependudukan), KAMPUNG MANDIRI (Dokumen Kependudukan Rampung Mantap di Desa/Kelurahan Terintegrasi), SIMPEL ONLINE, Dukcapil Go To School, BUAH HATI (Buat Akta Kelahiran Hasil Terintegrasi), LANTERA (Layanan Terintegrasi Keluarga), serta KOLABORASI (Kerja sama Organisasi untuk Layanan Berbobot dan Terintegrasi).
Selamat! Berkat Inovasi di Bidang Administrasi Kependudukan, Bupati Bengkalis Raih Penghargaan KDI 2022

“Inovasi yang sudah kami lakukan adalah pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil. Kami menjemput bola, massif dan terintegrasi, “ katanya

Ia menyatakan pihaknya menurunkan petugas hingga ke desa-desa. “Bahkan dalam melaksanakan tugasnya dengan situasi di lapangan, peralatan dipikul agar bisa melayani masyarakat yang sakit, disabilitas, “ katanya.

Dengan berbagai terobosan tersebut, Kabupaten Bengkalis berhasil meraih capaian kinerja level empat pada rekapitulasi pencapaian kinerja Dukcapil se-Provinsi Riau. Raihan level empat ini atas terpenuhinya sembilan indikator dan melampaui target nasional.

Sementara itu, turut hadir dalam acara penghargaan KDI 2022, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)