Demo Kenaikan BBM, Ojol di Bandung Sebut Pertalite Cepat Habis

Rabu, 21 September 2022 - 11:49 WIB
loading...
Demo Kenaikan BBM, Ojol di Bandung Sebut Pertalite Cepat Habis
Ribuan driver ojok online di Bandung Raya demonstrasi di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (21/9/2022)
A A A
BANDUNG - Ribuan driver ojok online (ojol) di Bandung Raya menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (21/9/2022). Tuntutan para ojol menolak kenaikan BBM jenis Pertalite yang dianggap semakin memberatkan para driver.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Transportasi Darat (FSPTD) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Barat Ahmad Prayogi mengatakan, ada tiga tuntutan penting pada aksi demonstrasi kali ini. Di antaranya soal penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), revisi Permenhub No 12 tahun 2019, dan tuntutan legalitas hukum bagi pekerja driver online.

"Tuntutan kami, tolak kenaikam BBM yang tidak memberikan subisidi bagi ojek online. Belum lagi tarif mahal, tarif BBM ikut naik, " kata Ahmad Prayogi di tengah aksinya.

Tak hanya menuntut subsidi BBM untuk driver online, pihaknya juga menyayangkan dugaan penurunan kualitas pertalite. Berdasarkan laporan di lapangan, banyak driver mengeluhkan pertalite yang cepat habis.

Baca juga: Besok, Ribuan Buruh dan Ojol Geruduk Kantor Ridwan Kamil dan DPRD Jabar

"Kemudian pertalite cenderung cepat menguap. Mungkin karena oktannya kurang jadi cepat habis. Ini berdasarkan pengalaman. Kami ojek kan tau, biasa segini, kok sekarang jadi cepat habis, " jelas dia.

Tuntutan kedua, terkait revisi Permenhub No 12 tahun 2019 tentang Pelindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat. Mereka menuntut revisi yang lebih memberikan perlindungan kepada para ojol.

"Kemudian poin ketiga, kami minta berikan legalitas hukum yang jelas. Karena ini tidak ada kepastian hukum yang pasti bagi kami para pekerja driver ojol, " imbuh dia.

Dia mengancam jika tuntutan mereka tak dipenuhi, akan kembali lagi dengan massa yang lebih besar. Masaa aksi demonstrasi ojol pun membubarkan diri pada pukul 11.00 WIB. Massa kembali bekerja.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1988 seconds (10.55#12.26)