Lestarikan Kesenian Jawa Tengah, Des Ganjar Gelar Pentas Kuda Lumping Se-Kabupaten Semarang

Minggu, 18 September 2022 - 10:55 WIB
loading...
Lestarikan Kesenian Jawa Tengah, Des Ganjar Gelar Pentas Kuda Lumping Se-Kabupaten Semarang
Penampilan penari kuda lumping pada event yang digelar Des Ganjar se Kabupaten Semarang.Foto/ist
A A A
SEMARANG - Kuda lumping merupakan salah satu kesenian yang berasal dari tanah Jawa. Kesenian yang terdiri dari 4 fragmen tarian ini merupakan salah satu kesenian yang cukup unik di Indonesia. Meski pada umumnya hanya menampilkan adegan prajurit berkuda, namun dalam beberapa penampilan, kuda lumping juga menyuguhkan sejumlah atraksi bernuansa magis.

Berbagai upaya terus dilakukan agar seni ini tidak punah ditelan zaman yang serba modern. Salah satunya, seperti yang dilakukan jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) di Dusun Mendut, Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Jawa Tengah pada Sabtu (17/9/2022).

Bertajuk 'Pentas Seni Kuda Kepang Se-Kabupaten Semarang Bersama Des Ganjar', sedikitnya 9 sanggar kesenian kuda lumping di berbagai wilayah di Semarang terlibat memeriahkan acara ini. Antusiasme warga luar biasa. Setidaknya ada sekitar 500 orang dari berbagai kalangan usia tumpah ruah menyaksikan acara tersebut.

Baca juga: 10.000 Santri dan Ulama di Pasuruan Dukung Ganjar Presiden 2024

Koordinator lapangan Des Ganjar untuk pentas ini, Teguh Wahono mengatakan, pentas seni kuda lumping ini merupakan upaya Des Ganjar menjalankan amanah dari Ganjar Pranowo yang ingin warganya lebih peduli pada kesenian Tradisional.

"Kami menampilkan kesenian kuda lumping agar kesenian ini tidak terlupakan. Kuda lumping memberikan contoh keberanian seperti pasukan-pasukan tentara berkuda. Jadi di sini, kami menargetkan untuk membantu Pak Ganjar melestarikan seni dan kebudayaan di Jawa Tengah," ujar Teguh.

Selain menggelar pentas seni, dalam kesempatan tersebut, ratusan relawan Des Ganjar juga melaksanakan deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk menjadi presiden RI 2024. Kedekatan mereka pada pria nomor satu di Jawa Tengah tersebut membuat mereka yakin bahwa Ganjar adalah sosok mumpuni untuk memimpin Indonesia.

"Ganjar adalah pemimpin yang selalu mendukung dan membantu berbagai kegiatan kesenian. Tujuannya satu, agar kebudayaan tersebut tetap lestari. Bahkan Bapak Ganjar juga berpesan kepada rakyatnya, agar kesenian dan kebudayaan ini tidak hanya dilestarikan, tapi juga dikembangkan," kata Teguh.

Sementara itu, salah satu kepala desa di Semarang yang juga merupakan relawan Des Ganjar, Heru mengatakan dirinya amat mengapresiasi digelarnya pentas kesenian kuda lumping yang diinisiasi oleh para relawan Des Ganjar ini. Heru menyebut, para relawan Des Ganjar akan terus terlibat aktif dalam upaya pelestarian kesenian tradisional di Indonesia.

"Acara ini keren, karena kuda lumping adalah kesenian yang mengangkat budaya Jawa dan sangat disukai masyarakat. Acara kali ini juga menjawab kehausan masyarakat setelah lamanya tidak ada acara seperti ini," ucap Heru.

Heru mengaku, dirinya beberapa kali bertemu dan berhubungan langsung dengan Ganjar. Dalam pertemuannya tersebut, Ganjar, disebut Heru, adalah pemimpin yang tidak membeda-bedakan orang.

"Bahkan kalau ada yang wa (kirim pesan Whatsapp) ke dia. Pasti langsung balas. Beliau adalah pemimpin yang tidak bersekat, dan sangat peduli pada masyarakat desa. Pada saat pandemi misalnya, beliau selalu memudahkan regulasi dana desa, sehingga desa bisa tetap hidup," katanya
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1556 seconds (11.252#12.26)