Dorong Pengembangan Pendidikan Agama, Ratusan Ustaz di Asahan Dukung Ganjar Presiden 2024

Sabtu, 17 September 2022 - 15:12 WIB
loading...
Dorong Pengembangan Pendidikan Agama, Ratusan Ustaz di Asahan Dukung Ganjar Presiden 2024
Ratusan ustaz di Asahan deklarasi dukung Ganjar Presiden 2024. Foto: Istimewa
A A A
ASAHAN - Dalam memimpin Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama bagi generasi muda. Hal ini menjadi inspirasi ratusan ustaz di Kabupaten Asahan untuk mendeklarasikan Ganjar Presiden 2024.

Ratusan ustaz yang tergabung dalam Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Kabupaten Asahan menilai, Ganjar sangat peduli terhadap pendidikan agama. Salah satu bukti konkret kepedulian Ganjar adalah pemberian hibah kepada lembaga agama di Jateng.

"Kita lihat beliau memberikan hibah kepada lembaga agama. Kami menilai, hal itu adalah bentuk kepedulian beliau kepada pendidikan agama," kata Ketua Usbat Ganjar Kabupaten Asahan, Johan, di Desa Sipaku Area, Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Sabtu (17/9/2022).



Sebelumnya, Ganjar melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng telah menyerahkan bantuan hibah lembaga pendidikan keagamaan tahun 2022 senilai senilai Rp107,1 miliar. Dana hibah itu untuk 2.201 lembaga pendidikan keagamaan, mulai dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.

Ganjar menyerahkan dana hibah tersebut dalam dua tahap. Penyaluran tahap pertama sudah dilakukan kepada 405 lembaga dengan nilai Rp22,17 miliar. Sementara, hibah sebanyak Rp 31,95 kepada 715 lembaga keagamaan terus disalurkan untuk mewujudkan pendidikan keagamaan yang maju dan berkarakter.

Sejak tahun 2019 lalu, Ganjar juga mulai mengalokasikan bantuan untuk pengembangan madrasah, pesantren, dan pengajar dari APBD Jateng. Paling anyar, bantuan dialokasikan untuk insentif guru agama sebesar Rp254,2 miliar dan untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Daerah senilai Rp26,8 miliar.



Agar tidak membebankan APBD, Ganjar berinovasi memaksimalkan pengembangan pendidikan agama dengan memanfaatkan dana zakat ASN Pemprov Jateng. Bekerjasama dengan Baznas Jateng, Ganjar berhasil mendapatkan Rp57 miliar dari penghimpunan zakat untuk merehabilitasi pondok pesantren, masjid, madrasah, dan pemberian beasiswa.

Johan mengatakan, berbagai upaya yang dilakukan Ganjar mampu menyentuh hati Usbat Ganjar Kabupaten Asahan. Di samping itu, Johan menyebut, Ganjar adalah sosok yang sangat dekat dengan ulama, santri, dan masyarakat umum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0125 seconds (0.1#10.140)