Nara Kupu Jogya, Wisata Edukasi Baru di Kaki Gunung Merapi

Selasa, 06 September 2022 - 23:13 WIB
loading...
Nara Kupu Jogya, Wisata Edukasi Baru di Kaki Gunung Merapi
Perkenalan Nara Kupu Jogya, wisata edukasi baru di kaki gunung Merapi. Foto: Istimewa
A A A
JOGJAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memiliki satu wahana wisata edukasi bernama Nara Kupu Jogya (NKJ) yang terletak di kaki gunung merapi, Sleman.

Rencananya, Nara Kupu Jogya akan melaksanakan soft opening pada pertengahan Oktober 2022 mendatang.

Sebelum agenda peluncuran dilaksanakan, manajemen Nara Kupu Jogya sudah mulai menerima berbagai kunjungan mulai dari kalangan pelajar, instansi, institusi dan masyarakat umum.



Salah satunya, kunjungan yang dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cangkringan.

“Betul, adik-adik SMKN 1 Cangkringan kemarin kami ajak untuk mengikuti pelatihan bagaimana cara membuat pestisida nabati, pupuk organik cair, kompos dan lain-lain,” kata Field Manager Nara Kupu Jogya, Doni Darmawan, Selasa (6/9/2022).

Sejauh ini, kata Doni, pihaknya sering berkolaborasi dengan lembaga pendidikan mulai tingkat PAUD hingga SMA untuk melaksanakan berbagai pelatihan terkait cocok tanam organik, pembuatan pupuk, penangkaran hewan ternak dan lain-lain.



"Intinya, tentu kehadiran Nara Kupu Jogya ini kami harapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan seperti bagaimana memberdayakan masyarakat mulai dari anak sekolah hingga kelompok tani dalam mengelolah produk pertanian,” sebutnya.

General Manager Nara Kupu Jogya, Theresia Indra Cahaya menambahkan, bahwa sebagai bagian dari pra soft opening, pihaknya juga akan melaksanakan sejumlah kegiatan sosial antara lain donor darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)