Seleksi Calon Peserta Program Satu Hafiz Satu Desa dan Kelurahan Dimulai

Senin, 05 September 2022 - 15:13 WIB
loading...
Seleksi Calon Peserta Program Satu Hafiz Satu Desa dan Kelurahan Dimulai
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai melakukan seleksi calon peserta untuk Program Satu Hafiz Satu Desa atau Kelurahan. Foto: Sindonews/Herni Amir
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa , mulai melakukan seleksi calon peserta untuk Program Satu Hafiz Satu Desa atau Kelurahan. Proses seleksi ini berlangsung di Masjid Agung Syekh Yusuf, Kecamatan Somba Opu, Senin (5/9/2022).

“Program keagamaan terutama Satu Hafidz Satu Desa dan Satu Hafiz Satu Kelurahan adalah salah satu porgram prioritas Pemerintah Kabupaten Gowa, khususnya di periode kedua saya bersama Pak Wakil Bupati Gowa,” ujar Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.



Dia menyebutkan, Program Keagamaan ini sebagai upaya Pemkab Gowa untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan berkualitas, yang tentunya berlandaskan iman dan taqwa. Guna mendukung program ini, Pemkab Gowa sudah membangun Rumah Tahfiz Qur'an di Kecamatan Bajeng.

Selain itu, lanjut Adnan, program ini juga dikerjasamakan dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Adnan menjelaskan para santri selain fokus menghapal Al-Qur’an juga akan terdaftar sebagai mahasiswa dan kuliah dengan mata kuliah yang berkorelasi dengan hafalan Al-Qur’an di UIN Alauddin.

“Jadi selama tiga tahun para santri akan fokus menghapal Al-Qur’an setelah itu selama satu tahun atau dua semester para santri akan dikuliahkan di UIN Alauddin, sehingga selain menjadi penghapal Al-Qur’an meraka juga akan mendapatkan ijazah dan gelar S1,” ungkap Adnan.

Adnan menargetkan dengan adanya program ini ke depan setiap desa dan kelurahan bahkan hingga dusun dan lingkungan di Kabupaten Gowa memiliki satu penghafal Al-Qur’an. Dirinya berharap dengan program keagamaan ini keberkahan selalu hadir di Kabupaten Gowa.

“Target saya di Kabupaten Gowa minimal setiap dusun dan lingkungan memiliki penghafal Al-Qur’an,” harapnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Muh Rusdi yang juga Ketua Tim Program Satu Hafiz Satu Desa dan Satu Hafiz Satu Kelurahan mengatakan seleksi ini diikuti 181 orang yang merupakan utusan desa dan kelurahan.

“Hari ini merupakan hari kedua seleksi, seleksi dimulai pada hari Sabtu lalu dan akan dilaksanakan selama 3 hari, hingga hari Selasa besok. Kita bagi per kecamatan setiap harinya,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4453 seconds (0.1#10.140)